Antusiasme Tinggi untuk Kurban di Tanah Datar -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Antusiasme Tinggi untuk Kurban di Tanah Datar

Senin, 17 Juni 2024

Kondisi pasar ternak Batusangkar pada Kamis, (12/6) 


Batusangkar - Minat masyarakat Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dalam berkurban pada Hari Raya Idul Adha tahun 1445 Hijriah menunjukkan peningkatan yang signifikan.


Menurut data sementara dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tanah Datar, jumlah hewan kurban yang tercatat mencapai 4.285 ekor, termasuk kambing, sapi, dan kerbau.


"Perkiraan ini berdasarkan catatan hingga Kamis (13/6) siang, dengan potensi penambahan karena masih ada waktu hingga hari pemotongan," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Datar, Roki Martarika di Batusangkar, pada Minggu.


Meskipun beberapa nagari mengalami dampak banjir bandang, Roki menyebut ada sumbangan dari perantau dan donatur, termasuk alumni IPB, yang menyumbangkan hewan kurban untuk daerah terdampak.


Roki juga mengimbau kepada masyarakat dan panitia kurban untuk memilih hewan dengan tanda eartag. Sapi yang dilengkapi eartag memiliki barcode yang dapat discan menggunakan telepon pintar untuk mengetahui riwayatnya, seperti vaksinasi dan pengobatan, serta mencegah penyakit PMK dan penyakit kulit.(des)