BSI International Expo 2024 Menarik 52.000 Pengunjung, Lampaui Target -->

Iklan Cawako Sawahlunto

BSI International Expo 2024 Menarik 52.000 Pengunjung, Lampaui Target

Senin, 24 Juni 2024

Direktur Utama BSI Hery Gunardi saat penutupan BSI International Expo 2024 di JCC Senayan Jakarta pada Minggu (23/06/2024) 


Jakarta — BSI International Expo 2024 yang diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) pada 20-23 Juni berlangsung dengan sukses, dengan nilai transaksi dan jumlah pengunjung melampaui target. Transaksi mencapai lebih dari Rp2 triliun dan menarik lebih dari 52.000 pengunjung.


Target awal acara ini adalah nilai transaksi sekitar Rp1 triliun dan perkiraan pengunjung antara 20.000 hingga 25.000 selama empat hari.


Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, bangga dengan keberhasilan acara ini, yang sejak awal ditujukan sebagai halal expo. Dia menyatakan bahwa belum pernah ada perbankan syariah yang menyelenggarakan expo sebesar ini sebelumnya.


"Alhamdulillah, acara ini melampaui ekspektasi. Sesuai dengan tema ‘Connecting You To Halal Lifestyle Ecosystem’, insyaAllah tujuan kami tercapai. Ke depan, BSI International Expo akan menjadi salah satu acara unggulan dari BSI. Kami berharap acara ini dapat diselenggarakan lagi tahun depan dan seterusnya dengan lebih baik, sehingga Indonesia memiliki hub halal global yang mendukung ekonomi syariah berkelanjutan," ujarnya dengan optimisme.


BSI International Expo 2024 diisi dengan tiga kelompok acara besar. Pertama, ekshibisi yang melibatkan 265 tenant dari dalam dan luar negeri, terutama pelaku UMKM, dari 20 negara termasuk Indonesia.


Kedua, seminar dan hiburan. Berbagai seminar tentang ekonomi dan keuangan syariah dengan pembicara internasional, serta hiburan dari artis seperti RAN, Kahitna, dan penyanyi internasional Mostafa Atef.


Ketiga, business matching yang menghadirkan 20 negara dengan potential buyer untuk mempertemukan UMKM dengan pembeli internasional, membantu UMKM Indonesia masuk ke pasar global.


Direktur Sales and Distribution BSI, Anton Sukarna, mengatakan bahwa acara ini merupakan komitmen nyata untuk mendorong perkembangan ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal.


Kolaborasi BSI dengan stakeholder lokal dan global melalui BSI International Expo 2024 memperkuat ekosistem Islam di Indonesia, membuka peluang menjadi pelopor di sektor halal global dan mendirikan Global Halal Producer Center.


"Acara ini juga meningkatkan kapasitas ekspor produk halal berkualitas ke berbagai belahan dunia, mendorong inklusi dan literasi ekonomi syariah. BSI International Expo diharapkan menjadi agenda tahunan. Di daerah, ekosistem Islam terus kami perkuat melalui expo yang sudah berjalan," kata Anton.


Anton juga merinci pencapaian kinerja BSI International Expo 2024. Business matching menghasilkan total transaksi Rp290 miliar dari 63 kesepakatan dengan buyers dari Mesir, Saudi Arabia, Filipina, Uni Emirat Arab, dan Lithuania.


Kesepakatan bisnis pada sektor pembiayaan industri halal mencapai Rp1,8 triliun untuk korporasi dalam membangun value chain dari hulu ke hilir. Sektor properti mencatatkan transaksi Rp85 miliar dari 33 kesepakatan. Automotive Island mencatatkan transaksi Rp21 miliar dari 63 kesepakatan.


Promosi menarik juga berhasil menarik pengunjung untuk bertransaksi di sektor halal travel dengan total transaksi Rp14,5 miliar dari 262 kesepakatan. Di Gold Island, sektor investasi mencapai volume transaksi Rp1,9 miliar dari 215 kesepakatan.


"Business matching membuktikan komitmen kami dalam menjembatani UMKM agar bisa memperluas bisnisnya ke pasar global. Transaksi besar di berbagai sektor menunjukkan bahwa ekosistem halal dapat kita perkuat bersama untuk tumbuh berkelanjutan sebagai penopang ekonomi nasional," tuturnya.(BY)