Bupati Hadiri Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepsek SD dan SMP se-Tanah Datar -->

Iklan Atas

Bupati Hadiri Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepsek SD dan SMP se-Tanah Datar

Kamis, 20 Juni 2024

Bupati Eka Putra saat memberikan materi pada pelatihan peningkatan kompetensi Kepsek SD dan SMP se-Tanah Datar

 

Bukittinggi, fajarsumbar.com - Kepala Sekolah sebagai salah satu garda terdepan pendidikan, tentu harus selalu meningkatkan kompetensi dan kemampuannya, sehingga tidak tertinggal dari kemajuan zaman, seperti kegiatan pelatihan.


Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam acara Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Tanah Datar, Rabu (19/6/2024) malam, di Pusako Hotel Kota Bukittinggi, yang turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Inhendri Abas, Sekdis Pendidikan serta Kabid jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar.


"Pertama, Saya menyampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana atas inisiasi pelaksanaan kegiatan ini dan juga apresiasi kepada Bapak dan Ibuk Kepala Sekolah, yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini," sampainya. 


Dikatakan Bupati, dalam melaksanakan tugasnya untuk mencerdaskan generasi muda Tanah Datar, tentunya Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru harus mengupdate ilmu dan aturan yang ada. "Salah satunya adalah dengan memahami platform Merdeka Belajar pada kurikulum merdeka tahun 2024, yang nantinya akan dilaksanakan di sekolah masing-masing," katanya.


Tidak itu saja, tambah Eka Putra, seorang Kepsek maupun guru harus jeli melihat para siswanya, baik itu bakat dan kemampuan maupun penggunaan Ilmu Teknologi (IT) yang digunakan seperti handphone pintar. 


"Kurikulum saat ini berbeda dari zaman dulu, saat ini diminta para guru harus mampu mengarahkan siswa sesuai bakat dan kemampuannya. Dan, juga guru harus juga menjadi pengawas saat para siswanya memakai handphone pintar, karena saat ini melalui aplikasi atau tontonan di handphone, akan bisa merusak moral generasi muda kita," pesannya. 


Selepas itu dalam diskusi, Bupati mendukung pelaksanaan Program Satu Sekolah Satu Kelompok Tahfizh, rencana pelaksanaan sekolah 5 hari dan juga tentang keinginan untuk peningkatan kesejahteraan Kepsek SD dan SMP. 


"Saya sangat mendukung program Tahfizh di Sekolah, karena sejalan dengan Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah. Kemudian keinginan untuk 5 hari sekolah dan peningkatan insentif Kepsek akan dikaji oleh Dinas Pendidikan, In syaa Allah akan bisa kita penuhi nantinya," tukasnya. 


Sebelumnya, Kadis Pendidikan Inhendri Abas menyampaikan, pelaksanaan kegiatan yang dihadiri 300 lebih Kepsek SD dan SMP se Kabupaten Tanah Datar, dilaksanakan guna meningkatkan kompetensi Kepsek tersebut.


"Kepsek selaku top leader di sekolah masing-masing harus mampu merancang program-program di sekolahnya, terutama untuk mempersiapkan dan melahirkan generasi muda yang akan menyongsong Indonesia Emas 2045, dan salah satunya peningkatan tersebut melalui kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini," sampainya. 


Diungkapkan Kadis, berbagai upaya telah dilakukan Dinas Pendidikan untuk memotivasi dan melahirkan generasi muda yang handal di Tanah Datar, salah satunya melalui Program Satu Sekolah Satu Kelompok Tahfizh. "Program ini sangat sejalan dengan program Pemerintah Daerah untuk menciptakan generasi yang Hafizh dan Hafizah," pungkasnya. (F12)