Bupati Sijunjung Tanggapi Pandangan Umum DPRD Tentang Ranperda APBD 2023 -->

Iklan Atas

Bupati Sijunjung Tanggapi Pandangan Umum DPRD Tentang Ranperda APBD 2023

Kamis, 20 Juni 2024
Bupati Kabupaten Sijunjung Benny Dwifa Yuswir S.STP.M.Si saat menyampaikan Jawaban Bupati terhadap pemandangan umum Fraksi.


Sijunjung, fajarsumbar.com - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir merespons pandangan umum dari sembilan fraksi DPRD Sijunjung terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023. Acara tersebut berlangsung di Kandang Baru Sijunjung pada Rabu (19/6/2024).


Rapat paripurna ini dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan, didampingi Wakil Ketua DPRD Redi Susilo, para anggota DPRD, serta Sekretaris DPRD Miswita. Bupati Benny menyampaikan apresiasi kepada DPRD atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh Kabupaten Sijunjung untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut. Benny mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah Kabupaten Sijunjung tahun 2023.


Bupati Benny menanggapi pandangan umum yang disampaikan oleh juru bicara dari masing-masing fraksi DPRD. Fraksi-fraksi yang memberikan pandangan antara lain:


Fraksi Golkar oleh Drs. Hamdani Hasnam, M.Si, Fraksi PPP oleh H. Mukhlis, S.Hi, Fraksi PDIP oleh Givo Aldino, Fraksi PKS oleh Zulkifli, S.Sos, Fraksi Gerindra oleh Indrawadi, Fraksi PKB oleh Amlasta Boy dan Fraksi PAN oleh Aroni Basri, ST, Fraksi Demokrat oleh Redi Susilo, S.Pd dan Fraksi Nasdem oleh Drs. Efrinedi Nangkodo, STP.


Bupati menjelaskan bahwa peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2024 akan terus diupayakan, terutama dengan adanya objek wisata Geopark Ranah Minang Silokek yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap APBD.


Benny juga menguraikan bahwa realisasi belanja daerah tahun 2023 mencapai 89,40%, meningkat sekitar 8,27% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 81,13%. Kinerja belanja pembangunan tahun 2023 masuk kategori sangat berhasil dengan nilai 95,63%.


Mengenai peningkatan modal ke PDAM Tirta Sanjung Buana, Bupati menjelaskan bahwa langkah-langkah perbaikan kualitas air telah dilakukan, terutama akibat tingginya intensitas hujan di hulu Sumber Sigaluik yang mempengaruhi daerah Perumahan GSI dan Pamuatan.


Dalam hal pembangunan RSUD Pratama di Kamang Baru, Pemda telah mengisi formasi manajemen dan tenaga medis pada 27 Mei 2024 serta membentuk Tim Launching untuk persiapan peresmian pada 10 Juli 2024. Ini menjawab pertanyaan dewan mengenai operasional RSUD Pratama di Kecamatan Kamang Baru.


Selain itu, terkait laporan Neraca Aset tahun 2023, Bupati menyampaikan bahwa jumlah aset tetap mencapai 16,68 juta satuan dengan nilai sebelum penyusutan sebesar Rp3,39 triliun. Rincian aset meliputi 751 persil tanah dengan luas total 1.386,15 hektar senilai Rp.148,96 miliar.


Pada awal tahun 2024, pembangunan Rusunawa dengan dana APBN dari Kementerian PUPR telah dilaksanakan kembali. Mengenai penyelesaian lahan Perusda Kinantan seluas ± 500 hektar di Kamang Baru, Bupati Benny mengungkapkan bahwa telah dilakukan pengukuran dan pendekatan secara persuasif.(def)