Bupati Suhatri Bur Sapa Tokoh Masyarakat dan Warga di "Alek Nagari" Batagak Gala Penghulu Korong Sungai Lawai Nagari Kuranji Hulu -->

Iklan Atas

Bupati Suhatri Bur Sapa Tokoh Masyarakat dan Warga di "Alek Nagari" Batagak Gala Penghulu Korong Sungai Lawai Nagari Kuranji Hulu

Minggu, 30 Juni 2024
Bupati Suhatri Bur berikan pencerahan pembangunan ditengah-tengah keramaian pengunjung "Alek Nagari Batagak Gala Penghulu" di Korong Sungai Lawai, Nagari Kuranji Hulu, Sungai Geringging, Sabtu malam 29 Juni 2024 (foto.doc.ikp).



Padang Pariaman - Alhamdulillah, dana dari Pusat terus meningkat yang mengucur ke Padang Pariaman. Sekaligus berpengaruh pula kepada APBD kita untuk berkelanjutan pembangunan Padang Pariaman.


Hal itu dikatakan Bupati Suhatri Bur ketika menghadiri acara "Alek Nagari" dalam rangka Batagak Gala Penghulu di Korong Sungai Lawai, Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Sabtu malam 29 Juni 2024.


Ia menuturkan, kian bertambah dana Pusat ke daerah, itu berkat loby banyak kenalan di Pemerintah Pusat. Ditambah pula selalu menyapa tokoh rantau yang pulang kampung.


"Dana Pusat yang mengalir ke Padang Pariaman seperti Cekdam Sungai Limau sebesar Rp 11 Milyar lebih. Dan, sejumlah proyek lainnya yang dibiayai dari Pusat. Ini tentu berpengaruh pula kepada APBD kita untuk membangun Padang Pariaman" terang Suhatri Bur.


Berkenaan pembangunan infrastruktur jalan, sebut Suhatri Bur, kita akan berupaya berkelanjutan pembangunan Padang Pariaman ini. Seperti jalan Sungai Lawai sepanjang 1 Km, jalan Sungai Talang dan Irigasi Talawi.


"Ketiga titik lokasi untuk pembangunan itu, sebagaimana permintaan dari masyarakat, kita usahakan merealisasikan pada tahun 2025 mendatang" ungkap dia.


Suhatri Bur berharap dengan adanya pembangunan di nagari akan berdampak luas kepada masyarakat. Sehingga terjadi pergerakan ekonomi yang pesat dan  bermanfaat untuk kita semua.


"Kami dari Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih banyak kepada semua tokoh ranah dan rantau. Karena, telah ikut serta mendukung dengan berkomitmen untuk membangun kampung halaman" ucap Bupati Suhatri Bur mengakhiri.


Sebelumnya, H.Bukari dan Edi Wahab yang merupakan tokoh masyarakat setempat memberikan sambutannya. Dan, mereka menyatakan siap berikan dukungan kepada Suhatri Bur untuk memimpin Padang Pariaman priode kedua.  


Alek Nagari di Sungai Lawai, Kuranji Hulu itu, dalam rangka Batagak Gala Penghulu Datuk Majo Deso atas nama Erizaldi, ST dari kaum Suku Piliang.


Kegiatan selama Alek Nagari ini, juga ditampilkan kesenian tradisional. Seperti Indang, Tambua Tasa, Pencak Silat dan kesenian kearifan lokal lainnya.


Kedatangan Bupati Suhatri Bur pada Alek Nagari, Sungai Lawai ini, didampingi Sekda Rudy Repenadi Rilis, Direktur PDAM Aminuddin, Kabag Prokompim Anton Wira Tanjung, dan Ketua HIPMI Ari Irpendi Putra.


Rombongan dari Pemda Padang Pariaman itu di sambut Niniak Mamak,Tokoh Ranah dan Rantau, Camat Sungai Garinggiang, Camat Sungai Limau, Wali Nagari Kuranji Hulu, tokoh masyarakat H.Lambau, dan Ketua PORBI Hartono.(rsaco)