Calvin Verdonk Resmi WNI, Siap Bela Timnas Lawan Filipina -->

Iklan Atas

Calvin Verdonk Resmi WNI, Siap Bela Timnas Lawan Filipina

Jumat, 07 Juni 2024

 

Calvin Verdonk saat latihan bersama Timnas Indonesia.


Jakarta - Calvin Verdonk, pemain belakang baru Timnas Indonesia, resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada Selasa (4/6). Ini memungkinkannya untuk turun dalam pertandingan terakhir Indonesia di Putaran Kedua Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina pada 11 Juni mendatang.


Proses pengalihan asosiasi Calvin dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI telah disetujui oleh FIFA. PSSI kemudian mengirim surat persetujuan dari FIFA ke AFC pada Rabu (5/6/2024).


Dengan persetujuan resmi dari FIFA dan AFC, Calvin Verdonk memiliki legalitas untuk bermain bersama Timnas Indonesia. Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, menyambut baik keputusan FIFA tersebut.


“Banyak pihak di dalam negeri telah membantu proses Calvin Verdonk untuk segera memperkuat sepakbola Indonesia, khususnya dalam menghadapi pertandingan penting menuju Piala Dunia 2026,” ujar Erick Thohir di Jakarta, Rabu.


Kehadiran Verdonk tidak hanya memperkuat lini belakang Timnas, tetapi juga meningkatkan persaingan di antara para pemain yang ingin membela Garuda. Saat ini, ada 12 pemain di posisi bek, termasuk Jay Idzes, Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Asnawi Mangkualam.


“Target saya, kita harus memiliki kedalaman skuad yang cukup sehingga meskipun ada pemain yang absen atau enggan bermain, kita punya pengganti dengan kualitas yang setara,” tambah Erick.


“Timnas hanya untuk pemain yang sungguh-sungguh dan fokus demi kebanggaan Merah Putih,” tegasnya.(des)