Dandim 0306/50 Kota Harap Produksi Pertanian Meningkat -->

Iklan Atas

Dandim 0306/50 Kota Harap Produksi Pertanian Meningkat

Kamis, 20 Juni 2024

Pabung Kodim 0306/50 Kota hadiri Penyerahan Mesin Pertanian Program Pompanisasi Kegiatan PAT


Payakumbuh, fajarsumbar.com -- Perwira Penghubung Kodim 0306/50 Kota Mayor Inf Ridwan wakili Dandim dalam menghadiri kegiatan temu ramah dan penyerahan mesin pertanian program pompanisasi kegiatan Perluasan Area Tanam (PAT), bertempat di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten 50 Kota. Kamis (20/6/2024).


Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Kabupaten 50 Kota Syafarudin Datuak Bandaro Rajo, Kadis TanhortBun Kabupaten 50 Kota Witra Porsepwandi, S.Pi, Kabid Sarana Melly Wenas, SP, 

Pasiter Dim 0306/50 Kota Kapten Inf Ridollah Sibuea, Bati Ter Kodim 0306/50 Kota Peltu P. Pasaribu, Perwakilan anggota Koramil jajaran Kodim 0306/50 Kota 

dan Perwakilan Kelompok Tani Se Kabupaten 50 Kota. 


Bupati Kabupaten 50 Kota Syafarudin Datuak Bandaro Rajo dalam sambutannya menyampaikan. Dengan adanya perbantuan alat ini diharapkan dapat meningkatkan hasi Tani diwilayah kita.


Dalam hal ini kita tidak ada alasan untuk tidak menanam seperti padi karena kita telah menerima alat pertanian ini, dimana dalam bertani dengan cuaca kemarau tidak lagi penghalang bagi petani, ucapnya. 


Sementara itu Dandim 0306/50 Kota dalam penyampaiannya yang disampaikan Pabung Kodim 0306/50 Kota Mayor Inf Ridwan selepas kegiatan mengatakan, Program Pompanisasi ini merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan memperluas areal tanam padi di Indonesia dengan memanfaatkan pompa air, diharapkan para petani dapat mengatasi masalah irigasi terutama di daerah-daerah yang kesulitan mendapatkan air.


Pompa ini dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai bentuk penyelamatan tanaman padi, kami akan melakukan monitoring untuk memastikan bahwa pompa ini benar-benar digunakan, ujarnya. 


Dalam distribusinya, pompa ini akan diterima oleh kelompok tani dan didampingi oleh TNI, Polri, serta petugas penyuluh lapangan (PPL) untuk memastikan tercapainya target pertanaman secara nasional.


Beliau menghimbau kepada kelompok tani yang sudah menerima bantuan pompa agar memanfaatkan dan merawat pompa air dengan baik untuk bercocok tanam padi, sehingga dapat menghasilkan padi yang mencukupi kebutuhan pangan nasional umumnya.


Mari kita niatkan upaya ini sebagai ibadah dan sebagai bentuk kontribusi yang bermanfaat bagi sesama, pungkasnya.(ul)