Deretan Pemain Berdarah Indonesia di Skuad Timnas Belanda untuk EURO 2024 -->

Iklan Atas

Deretan Pemain Berdarah Indonesia di Skuad Timnas Belanda untuk EURO 2024

Sabtu, 22 Juni 2024

4 Pemain Top Keturunan yang Tampil di Euro 2024.


Fajarsumbar.id - Diketahui bahwa Indonesia memiliki banyak warga negara asing dengan garis keturunan nusantara akibat masa penjajahan selama ratusan tahun. Belanda, sebagai negara yang paling lama menjajah Indonesia, memiliki banyak pemain berdarah Indonesia.


Selain itu, Belanda juga menjadi tujuan utama para imigran dari Indonesia dan Suriname yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia. Hal ini membuat wajar jika skuad Timnas Belanda di EURO 2024 memiliki beberapa pemain dengan darah Indonesia.


Berikut adalah 4 pemain keturunan Indonesia yang tampil di EURO 2024:


4. Nathan Ake


Bek Manchester City ini merupakan pemain keturunan Indonesia pertama yang tampil di EURO 2024. Ake memiliki darah Indonesia dari ibunya yang kelahiran Belanda. Nathan Ake memulai karirnya di Belanda sebelum pindah ke akademi Chelsea pada 2011. Setelah tampil cemerlang di Stamford Bridge, ia direkrut oleh Manchester City dan berhasil menembus skuad Van Oranje.


3. Ian Maatsen


Bek kiri andalan Borussia Dortmund, Ian Maatsen, juga tampil di EURO 2024. Pemain muda ini menunjukkan performa luar biasa bersama Die Borussen musim lalu hingga mencapai final Liga Champions. Penampilannya membuat pelatih Ronald Koeman membawanya ke EURO 2024. Maatsen memiliki darah keturunan Indonesia dari ibunya yang berasal dari Suriname dengan darah Jawa yang kental.


2. Tijjani Reijnders


Tijjani Reijnders Lekatompessy adalah pemain keturunan Indonesia lainnya yang bermain di EURO 2024. Ia memiliki darah Indonesia dari kakek dan nenek dari pihak ibu, yakni Etus Lekatompessy dan Mimi Lekatompessy, yang berasal dari Maluku. Tijjani Reijnders mencuat setelah tampil gemilang bersama AZ Alkmaar dan kemudian direkrut oleh AC Milan. Kemampuannya di lini tengah membuat Ronald Koeman memanggilnya untuk memperkuat Van Oranje.


1. Virgil van Dijk


Bek andalan Liverpool dan kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk, juga merupakan pemain keturunan Indonesia. Darah Indonesia di tubuhnya berasal dari neneknya yang berasal dari Maluku dan menikah dengan orang Suriname, melahirkan ibunya, Hellen Chin Fo Sieeuw. Van Dijk meraih kesuksesan luar biasa bersama Liverpool dan terus menjadi benteng kokoh pertahanan Van Oranje serta pemimpin di lapangan.


Itulah 4 pemain keturunan Indonesia yang tampil di EURO 2024, mengharumkan nama bangsa di ajang sepak bola internasional.(BY)