Drone Sukses Melayani Pendaki Gunung Everest hingga 6.000 Meter -->

Iklan Atas

Drone Sukses Melayani Pendaki Gunung Everest hingga 6.000 Meter

Kamis, 06 Juni 2024

China berhasil menguji coba drone ke lokasi pendakian Gunung Everest hingga ketinggian 6.000 mdpl 


Beijing - China baru-baru ini mengumumkan keberhasilan uji coba penerbangan drone menuju lokasi pendakian Gunung Everest. Drone ini, meskipun tidak mencapai puncak tertinggi di dunia tersebut, berhasil menyuplai kebutuhan para pendaki hingga ketinggian 6.000 meter di atas permukaan laut.


Keberhasilan ini merupakan rekor dunia pertama, dimana drone dapat dikirimkan dari ketinggian rendah hingga 6.000 meter di Gunung Everest.


Drone DJI tipe FlyCart30 yang diterbangkan dari sisi Nepal memperlihatkan potensi besar dalam memfasilitasi logistik pendakian, penyelamatan darurat, serta menjaga lingkungan.


Dalam pengujian, FlyCart 30 membawa tiga botol oksigen dan perlengkapan lainnya dengan berat total 1,5 kg dari Base Camp (ketinggian 5.364 mdpl) menuju Kamp 1 (ketinggian sekitar 6.000 mdpl), meski puncak Everest berada di ketinggian 8.849 mdpl.


Selama perjalanan kembali ke Base Camp, drone juga membawa sampah yang ditinggalkan oleh pendaki.


FlyCart 30 mampu membawa beban hingga 15 kg, terbang dari Base Camp ke Kamp 1 dalam waktu 12 menit, baik siang maupun malam hari.


Pengujian menunjukkan bahwa FlyCart 30 mampu terbang hingga ketinggian 6.191,8 mdpl di Gunung Everest, sambil membawa beban 15 kg hingga ketinggian 6.000 mdpl.


Menurut Christina Zhang, direktur strategi perusahaan di DJI, kemampuan drone dalam mengangkut perlengkapan dan menyapu sampah dapat menjadi revolusi dalam logistik pendakian Gunung Everest, serta meningkatkan keselamatan para pendaki.


Setelah uji coba ini, perusahaan drone Nepal dikontrak untuk melaksanakan operasi pengiriman menggunakan FlyCart 30 di Gunung Everest mulai 22 Mei, dengan misi membawa pulang sampah seperti tali dan tangga.


Drone ini juga akan digunakan di Gunung Ama Dablam, salah satu dari tujuh puncak tertinggi di Himalaya, menurut Jagat Prasad Bhusal, pejabat Pemerintah Kota Khumbu Pasang Lhamu, Nepal, tempat Gunung Everest berada.


Gunung Ama Dablam memiliki ketinggian 6.812 mdpl, sesuai dengan kemampuan FlyCart 30. (des)