Dua Rekor yang Bisa Dicetak Shin Tae-yong Jika Timnas Indonesia Menang Lawan Irak -->

Iklan Atas

Dua Rekor yang Bisa Dicetak Shin Tae-yong Jika Timnas Indonesia Menang Lawan Irak

Kamis, 06 Juni 2024

Shin Tae-yong siap cetak 2 rekor gila bersama Timnas Indonesia sore ini.


Jakarta - Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia siap mencatatkan dua rekor penting dalam pertandingan sore ini saat menjamu Timnas Irak di matchday kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024) pukul 16.00 WIB.


Kemenangan menjadi target utama Shin Tae-yong dan timnya dalam pertandingan ini. Berikut dua rekor penting yang bisa dicatatkan Shin Tae-yong jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Singa Mesopotamia -julukan Timnas Irak:


Meloloskan Timnas Indonesia ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Sejak penentuan kelolosan wakil Asia ke Piala Dunia pada 2018, Timnas Indonesia belum pernah mencapai babak ketiga kualifikasi. Meskipun Timnas Indonesia sempat mencapai babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia, pada saat itu penentuan kelolosan baru diadakan di babak keempat.


Jika berhasil membawa skuad Garuda ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Shin Tae-yong akan mencatatkan sejarah sebagai pelatih pertama yang melakukannya.


Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan diikuti oleh 18 negara, yang akan dibagi menjadi tiga grup dengan masing-masing enam negara. Tim-tim yang finis di posisi satu dan dua di setiap grup akan langsung melaju ke Piala Dunia 2026, sementara tim-tim di posisi tiga dan empat akan melanjutkan di babak keempat kualifikasi.


Membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia Dua Kali Berturut-turut

Shin Tae-yong akan menjadi pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia dua kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2023 dan 2027. Pada tahap kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang juga merupakan kualifikasi Piala Asia 2027, tim-tim yang finis di posisi satu dan dua di masing-masing grup akan berhak langsung ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 serta ke Piala Asia 2027.


Sebelumnya, Ivan Kolev memimpin Timnas Indonesia ke Piala Asia 2004, namun tidak pada 2007. Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2007 sebagai tuan rumah, bukan melalui jalur kualifikasi. Ivan Kolev juga tidak menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Piala Asia 2007 setelah Februari 2007, di mana posisi pelatih dipegang oleh Peter Withe, seorang arsitek asal Inggris.(BY)