Dua Siswa Padang Panjang Ikut Asean Seminar dan Forum Edu Tourism di Malaysia -->

Iklan Atas

Dua Siswa Padang Panjang Ikut Asean Seminar dan Forum Edu Tourism di Malaysia

Selasa, 25 Juni 2024

 

Peserta Asean Seminar and Forum Edu Tourism. Dua di antaranya berasal dari Kota Padang Panjang.

Padang Panjang, fajarsumbar.com -Dua siswa, Irche Aulia Chantika (SMK Negeri 1) dan Raffi Alfagani (SMA Negeri 2) Padang Panjang mengiikuti Asean Seminar and Forum Edu Tourism di University Terengganu, Malaysia  24-28 Juni lalu


Mereka tergabung dalam 156 siswa utusan dari Sumatra Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, Brunei, Kamboja, Singapura, Filipina, Vietnam dan selatan Thailand. 


Sumbar mengutus 23 siswa dari berbagai kabupaten dan kota, yang sebelumnya lulus seleksi dari 50 orang yang mendaftar. 


Ketua Perhimpunan Homestay Sumatra Barat (PHSB) Kota Padang Panjang, Fahmi Kamal didampingi Sekretaris, Muhamad Ilham, Selasa (25/6) mengatakan, keikutsertaan siswa-siswi tersebut merupakan upaya meningkatkan wawasan dan pengalaman anak didik di bidang kepariwisataan dan pengembangan koperasi. 


Program ini, sebut Fahmi, salah satu kerja sama kepariwisataan Sumatra Barat dengan mancanegara. 


Dikatakan, PHSB juga  menjalin kerja sama dengan Asosiasi Homestay Provinsi Terengganu terhadap program Pertukaran Pelajar dan Budaya beberapa waktu lalu. 


“Untuk mengikuti kegiatan, biaya transportasi dan akomodasi selama di Malaysia ditanggung pemerintah Malaysia. Yang jadi tanggung jawab peserta adalah biaya tiket pesawat Padang-Kuala Lumpur (pulang-pergi). Lalu pembuatan paspor dan uang saku," ujar Fahmi.


Sedangkan siswa yang jadi peserta, diutamakan SLTA sederajat kelas X dan XI. Mereka yang berpartisipasi ini merupakan murid aktif dan berprestasi pada kegiatan sekolah serta bidang kepariwisataan. 


Ketua PHSB Sumbar, Kamsri Benty mengatakan, pengiriman utusan itu tindak lanjut dari silaturahmi Dewan Pendidikan Malaysia dengan Gubernur Sumatra Barat, H. Mahyeldi Ansharullah di Gubernuran, 16 Januari 2024 lalu. 


Pertemuan itu membahas kerja sama program Pertukaran Pelajar Antar Negara (PPAN) antara Pemprov Sumatra Barat dengan Malaysia. 


Sumbar  menyambut baik rencana kerja sama pertukaran pelajar/siswa antarnegara ini. 


“Pihak dari Malaysia sekaligus menyampaikan untuk mengikutsertakan pelajar/siswa tingkat SLTA sederajat pada acara Asean Seminar and Forum Edu Tourism," kata Kamsri. (syam)