Early Warning System Banjir Lahar Dingin akan Dipasang di Padang Panjang -->

Iklan Atas

Early Warning System Banjir Lahar Dingin akan Dipasang di Padang Panjang

Senin, 10 Juni 2024

Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal melakukan pemasangan Early Warning System (EWS), sebuah perangkat mitigasi bencana yang ditempatkan di daerah berpotensi terdampak banjir bandang dan lahar dingin. Yaitu  di Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam dan Tanah Datar.


Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana BNPB, Dr. Ir. Udrekh, S.E., M.Sc, Senin (10/6) mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan survei pemasangan EWS di tiga daerah terdampak ini. 


Keberadaan EWS yang merupakan pertama di Indonesia ini, diharapkan mampu menghindari warga dari risiko kehilangan jiwa. 


“Dengan adanya EWS  masyarakat mendapatkan informasi yang akurat, dan bisa melakukan evakuasi mandiri. Harapannya, bila alat ini telah tersedia, masyarakat pun paham terhadap pesan atau sinyal peringatan dini yang diberikan. Sehingga masyarakat bisa merespon peringatan dini itu segera dan tidak ada lagi kehilangan jiwa,” katanya.


Sistem peringatan dini ini, lanjutnya, bakal mengintegrasikan informasi cuaca, informasi aktivitas gunung api, informasi getaran dan sensor cuaca. Berbagai informasi tersebut akan memberikan rekomendasi kepada pemangku kepentingan untuk kesiapsiagaan maupun langkah mitigasi terhadap potensi dampak bencana. 


Menurutnya, sistem peringatan dini bukan hanya sebatas pada perangkat atau fasilitas teknologi yang digunakan, melainkan  sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat penerima manfaat. 


Hal tersebut bertujuan supaya warga paham dan melakukan aksi dini apabila mendengar bunyi sirine peringatan dini. Di samping itu, sosialisasi juga membuat mereka turut merawatnya sehingga keberlanjutan fungsi perangkat dapat terjaga. 


Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kesbangpol Padang Panjang, Subeki, S.E, menyampaikan terima kasih dan menyambut baik rencana pemasangan EWS. 


“Harapan yang sama dengan BNPB, keberadaan EWS hendaknya bisa mencegah risiko korban jiwa. Ini sangat kita butuhkan di sejumlah kawasan rawan bencana di  Padang Panjang ini,” tuturnya. (syam)