Fakta Menarik Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia -->

Iklan Atas

Fakta Menarik Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Jumat, 28 Juni 2024

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang menarik diulas. 



Jakarta - Ada 5 fakta menarik dari putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang patut diulas. Salah satunya adalah prestasi yang membanggakan bagi tim Garuda.


Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah melakukan undian grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (27/6/2024).


Hasilnya, Timnas Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Bahrain. Grup ini bisa disebut sebagai grup neraka mengingat beratnya persaingan.


Berikut 5 fakta menarik dari Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

1. Lima Tim Pernah Tampil di Piala Dunia


Dari enam tim di Grup C, lima di antaranya pernah tampil di Piala Dunia, termasuk Indonesia yang saat itu menggunakan nama Hindia Belanda pada Piala Dunia pertama tahun 1938. Hanya Bahrain yang belum pernah merasakan atmosfer Piala Dunia.


2. Jepang dan Australia


Jepang dan Australia adalah lawan yang sudah tidak asing bagi Indonesia. Baru-baru ini, Garuda menghadapi kedua tim tersebut di Piala Asia 2023. Indonesia kalah 1-3 dari Jepang di fase grup dan dihajar 0-4 oleh Australia di babak 16 besar.


3. Arab Saudi Bikin Lionel Messi Kecewa


Arab Saudi, calon lawan Indonesia, pernah membuat Timnas Argentina yang dipimpin Lionel Messi kecewa di Piala Dunia 2022. Arab Saudi mengalahkan Argentina 2-1 di laga perdana fase grup. Kemenangan ini bahkan membuat pemerintah Arab Saudi menetapkan hari libur nasional untuk merayakannya.


4. Timnas Indonesia Jangan Takut


Garuda adalah tim dengan peringkat terendah di Grup C. Saat ini, Jepang berada di peringkat 17 FIFA, satu tingkat di bawah Jerman yang merupakan juara dunia empat kali. Australia berada di peringkat 23, Arab Saudi di peringkat 56, Bahrain di peringkat 81, dan China di peringkat 88. Indonesia sendiri berada di peringkat 134 FIFA.


5. Shin Tae-yong Tidak Khawatir


Jepang, Australia, dan Arab Saudi adalah tim yang sering tampil di Piala Dunia. Namun Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menyatakan bahwa Shin Tae-yong tidak khawatir dengan hal ini.


"Tadi setelah selesai undian, saya langsung menghubungi Coach Shin dan menyampaikan hasil undian. Sesuai dengan instruksi, lawan kita adalah negara-negara yang kita semua tahu dan Coach Shin merasa tidak masalah, senang saja kita hadapi," kata Sumardji saat dihubungi iNews.id, Kamis (27/6/2024). (des)