Finlandia Curigai Empat Pesawat Rusia Langgar Wilayah Udara -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Finlandia Curigai Empat Pesawat Rusia Langgar Wilayah Udara

Sabtu, 15 Juni 2024

 

Jet tempur MiG-31 Rusia yang dilengkapi dengan rudal hipersonik Kinzhal terbang di atas Lapangan Merah, Moskow, saat latihan flypast, 7 Mei 2022. 


Helsinki - Finlandia mencurigai empat pesawat tempur Rusia telah melanggar wilayah udara negara Nordik yang baru saja bergabung dengan NATO tahun lalu pada Senin (10/6/2024). Menurut Korps Penjaga Perbatasan Finlandia, keempat pesawat tersebut terdiri dari dua pesawat pembom dan dua jet tempur, yang terdeteksi mendekati wilayah udara Finlandia sekitar 2,5 km di dekat Kota Loviisa.


Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Finlandia melaporkan hanya satu pesawat Rusia yang dicurigai melanggar wilayah udara di atas Teluk Finlandia selama dua menit. Namun, hasil penyelidikan lebih lanjut menunjukkan adanya indikasi bahwa tiga pesawat lain juga melakukan pelanggaran serupa.


"Pelanggaran wilayah udara yang disengaja dan serius seperti ini memicu reaksi dari pihak kami, tetapi penyelidikan masih berlanjut dan Penjaga Perbatasan Finlandia bertanggung jawab atas penanganannya," kata Jenderal Janne Jaakkola, Panglima Pertahanan Finlandia, kepada Reuters.


Berdasarkan data Kementerian Pertahanan, pelanggaran teritorial sebelumnya oleh pesawat Rusia yang dikonfirmasi terjadi pada Agustus 2022.(des)