Fokus Kebugaran, Timnas Indonesia Tak Gunakan Pengalaman Lawan Guinea untuk Hadapi Tanzania -->

Iklan Atas

Fokus Kebugaran, Timnas Indonesia Tak Gunakan Pengalaman Lawan Guinea untuk Hadapi Tanzania

Minggu, 02 Juni 2024

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar


Fajarsumbar.id - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, menyatakan bahwa timnya tidak menggunakan pengalaman dari laga melawan Timnas Guinea U-23 untuk persiapan menghadapi Timnas Tanzania meskipun keduanya berasal dari Afrika. Fokus utama kali ini adalah pada kondisi kebugaran pemain, bukan hasil pertandingan.


Timnas Indonesia akan bertanding melawan Tanzania dalam laga persahabatan yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (2/6/2024) pukul 16.00 WIB di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.


Pertandingan ini merupakan bagian dari persiapan Skuad Garuda menjelang dua laga terakhir Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka akan menghadapi Irak dan Filipina di Jakarta pada 6 dan 11 Juni mendatang.


Sebelumnya, Timnas Indonesia U-23, yang sebagian besar terdiri dari pemain senior, pernah melawan Guinea U-23 dalam babak playoff Olimpiade Paris 2024 di Paris, Prancis, di mana mereka kalah tipis 0-1.


Saat ditanya apakah pengalaman melawan tim dari Afrika akan digunakan untuk persiapan melawan Tanzania, Asnawi mengatakan bahwa belum ada diskusi mengenai hal tersebut. Fokus utama tim dalam laga persahabatan ini adalah menjaga kebugaran pemain.


“Untuk pertandingan besok, sejauh ini belum ada diskusi dengan pemain lain,” kata Asnawi dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (1/6/2024).


“Dalam laga persahabatan besok, fokus kami adalah memperbaiki kondisi seluruh pemain untuk menghindari cedera. Fokus utama adalah pada pertandingan tanggal 6 Juni melawan Irak, jadi belum ada komunikasi khusus mengenai Tanzania,” tambahnya.


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, juga mengonfirmasi hal tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu menekankan bahwa timnya tidak menggunakan laga melawan Guinea U-23 sebagai acuan untuk persiapan melawan Tanzania karena fokusnya adalah mengevaluasi kebugaran pemain setelah sebagian dari mereka baru saja berlibur usai kompetisi klub selesai.


“Seperti yang saya katakan sebelumnya, semua fokus pada pertandingan tanggal 6 Juni melawan Irak karena banyak pemain yang baru istirahat dan liburan. Jadi, besok hanya untuk mengecek kondisi para pemain,” ujar Shin Tae Yong.


“Kami tidak fokus pada hasil pertandingan besok. Jadi, jangan terlalu memperhatikan hasil besok,” pungkasnya.


Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan tujuh poin dari empat laga. Ernando Ari dan rekan-rekannya unggul empat poin atas Vietnam, yang berada tepat di bawah mereka, meskipun terpaut lima poin dari pemuncak klasemen, Irak.


Dengan demikian, Tim Merah-Putih hanya membutuhkan satu kemenangan lagi atau dua hasil imbang untuk memastikan diri lolos ke babak ketiga sebagai runner-up Grup F dari dua pertandingan terakhir melawan Irak dan Filipina. Kedua laga tersebut akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, masing-masing pada 6 dan 11 Juni mendatang.(BY)