Fraksi PKPI Apresiasi Pemko Sawahlunto Pertahankan WTP Kesembilan Kalinya Meski Ada Temuan -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Fraksi PKPI Apresiasi Pemko Sawahlunto Pertahankan WTP Kesembilan Kalinya Meski Ada Temuan

Senin, 24 Juni 2024
Logo Opini WTP. (foto istimewa) 


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Fraksi PKPI menyampaikan selamat dan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Kota Sawahlunto mempertahankan untuk yang kesembilan kalinya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Sawahlunto tahun anggaran 2023.


"Semoga hal ini menjadi motivasi kita semua dalam meningkatkan pengelolaan keuangan pemerintah kedepannya," imbuh Masril dalam pemandangan umum Fraksi PKPI terhadap Ranperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Sawahlunto tahun 2023 saat rapat paripurna di gedung DPRD setempat, Senin (24/6/2024).


Rapat paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Eka Wahyu didampingi Wakil Ketua I H Jaswandi, Wakil Ketua II Elfia Rita Dewi dan dihadiri anggota DPRD, Forkopimda serta Sekretaris Daerah Ambun Kadri dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintahan Kota Sawahlunto. 


Disamping raihan opini WTP di atas, kata Masril, setelah mendengar dan mencermati penyampaian Nota Penjelasan Penjabat Wali Kota Sawahlunto sebagai pengantar Ranperda Kota Sawahlunto tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2023 yang disampaikan pada 19 Juni 2024, Fraksi PKPI mengingatkan capaian WTP bukanlah semata-mata menandakan tidak ada permasalahan keuangan dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah. 


"Perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pengelolaan keuangan daerah tetap harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, karena dalam LHP BPK tersebut masih banyak temuan-temuan yang harus ditindaklanjuti dan diselesaikan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto," ungkap Masril. 


Masril menjelaskan, Fraksi PKPI juga menekankan agar Pemerintah Kota Sawahlunto harus optimal menghimpun pendapatan daerah, termasuk kepada para kepala OPD harus selalu bersinergi melakukan inovasi-inovasi dalam peningkatan potensi sumber pendapatan daerah, pemanfaatan aset daerah serta peningkatan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya peran pajak dalam pembangunan daerah. 


"Telah berulang kali Fraksi PKPI menyampaikan untuk mewujudkan Sawahlunto menjadi Kota yang lebih baik, diperlukan kerja keras semua pihak, kerjasama seluruh unsur Pemerintah Daerah dan kerja cerdas dalam menghadapi kondisi-kondisi permasalahan dan tantangan yang ada," ucapnya kemudian. (ton