Gubernur Sumbar Imbau Warga Waspada Aktifitas Gunung Marapi -->

Iklan Atas

Gubernur Sumbar Imbau Warga Waspada Aktifitas Gunung Marapi

Sabtu, 01 Juni 2024

Gunung Marapi saat mengalami erupsi. 



Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengingatkan masyarakat sekitar Gunung Marapi untuk meningkatkan kewaspadaan sehubungan dengan peningkatan status aktivitas gunung tersebut menjadi level siaga.


"Kepada seluruh masyarakat yang berada di sekitar Gunung Marapi, saya minta untuk selalu waspada," kata Mahyeldi di Padang, Kamis (30/5/2024).


Mahyeldi menyatakan bahwa peningkatan status ini menunjukkan aktivitas Gunung Marapi semakin sulit diprediksi.


Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan kegiatan dalam radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah Verbeek).


"Masyarakat harus selalu waspada dan mengikuti arahan dari petugas," tambahnya.


Mahyeldi juga mengingatkan masyarakat untuk menjauhi daerah aliran sungai (DAS). Hal ini sebagai antisipasi potensi banjir lahar dingin, terutama saat musim hujan seperti saat ini.


"Kita juga meminta masyarakat agar menjauhi daerah aliran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi, karena potensi banjir lahar dingin masih ada," ujarnya.


Selain itu, Mahyeldi menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan guna menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu kesehatan.


Dia juga meminta semua pihak untuk menjaga situasi tetap kondusif dan tidak menyebarkan informasi bohong (hoaks). Masyarakat diimbau untuk selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.(des)