Gunung Lewotobi Meletus, Abu Vulkanis Setinggi 700 Meter -->

Iklan Atas

Gunung Lewotobi Meletus, Abu Vulkanis Setinggi 700 Meter

Rabu, 26 Juni 2024

Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT saat erupsi beberapa waktu lalu. 



Jakarta - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi pada Rabu (26/6/2024) pukul 05:04 WITA. Erupsi tersebut menyemburkan kolom abu vulkanis setinggi 700 meter dari puncak.


"Kolom letusan teramati setinggi sekitar 700 meter di atas puncak (sekitar 2.284 meter di atas permukaan laut). Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke barat laut. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," demikian laporan dari Magma Indonesia yang dikutip pada Rabu (26/6/2024).


Dalam laporan tersebut, masyarakat sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki serta para pengunjung atau wisatawan diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan Gunung Lewotobi Perempuan. Selain itu, jarak aman meliputi 4 km ke arah barat laut, utara, dan selatan-tenggara dari pusat erupsi.


"Masyarakat diharapkan tetap tenang dan mengikuti arahan dari pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya," tambah laporan tersebut.


Magma Indonesia juga mengimbau agar pemerintah daerah terus berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-Laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi di Bandung.(des)