Hari Lingkungan Hidup, Momen Peningkatan Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Lingkungan -->

Iklan Atas

Hari Lingkungan Hidup, Momen Peningkatan Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Rabu, 12 Juni 2024

 

Ketua DW Persatuan Ny Betti Mulyani bagikan sejumlah bibit buah buahan untuk penghijauan, pada acara hari Lingkungan Hidup dihalaman kantor bupati. (Abg

Solsel, fajarsumbar.com - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Solok Selatan dilaksanakan pada Senin (10/6/2024) di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan.


Kendati dilaksanakan pada 5 Juni 2024, namun pelaksanaan upacara di tingkat Kabupaten Solok Selatan berlangsung dengan khidmat. Diikuti oleh Bupati Solok Selatan selaku Inspektur Upacara, Forkopimda, TNI/Polri, seluruh ASN, dan tamu undangan lainnya.


Bupati Solok Selatan H. Khairunas saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.


"Presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens yakni: krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah," kata Khairunas pagi ini.


Dia menjelaskan bahwa berbagai upaya pemulihan lingkungan telah dilakukan untuk menghadapi krisis lingkungan yang sedang terjadi saat ini.


Menurutnya, pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.


Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim.


"Pemulihan berkaitan langsung dengan upaya penyelesaian krisis iklim.," terangnya.


Meski demikian, upaya tersebut harus berdasar pada prinsip keadilan dan memastikan manfaatnya dirasakan oleh semua pihk, termasuk komunitas lokal dan masyarakat adat.


"Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan," tutupnya. 


Usai upacara juga diserahkan berbagai bibit tanaman kepada seluruh OPD, kecamatan, dan instansi lainnya. (Abg)