Hindari Mengisi BBM Saat Tangki Hampir Kosong -->

Iklan Atas

Hindari Mengisi BBM Saat Tangki Hampir Kosong

Minggu, 09 Juni 2024

Kebiasaan membiarkan tangki BBM selalu hampir kosong bisa berdampak buruk ke komponen lainnya.


Jakarta - Disarankan untuk menghindari kebiasaan mengisi bahan bakar kendaraan ketika tangki hampir kosong atau indikator menunjukkan posisi E. Praktik ini dapat menyebabkan sejumlah masalah yang serius.


Pertama, sering mengosongkan tangki BBM dapat menyebabkan karat karena udara yang terkumpul di dalamnya, terutama saat tangki selalu berisi sedikit BBM. Udara ini dapat berasal dari kondensasi atau uap BBM yang berubah menjadi air, terutama jika mobil sering diparkir di luar dan terpapar sinar matahari.


Kedua, selain air dan karat, kotoran dari bahan bakar juga bisa mengendap di bagian bawah tangki. Jika kendaraan dinyalakan dengan sedikit BBM di tangki, kotoran ini bisa terhisap oleh pompa bahan bakar, mengganggu kinerjanya dan sistem injeksi.


Ketiga, mengisi BBM saat tangki hampir kosong dapat menyebabkan kekhawatiran berlebihan tentang mogok di jalan karena kehabisan bahan bakar.


Oleh karena itu, sebaiknya isi BBM sebelum tangki benar-benar kosong atau sebelum indikator mencapai E untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan pada kendaraan Anda. (des)