Tips Sehat Konsumsi Daging Kurban -->

Iklan Atas

Tips Sehat Konsumsi Daging Kurban

Selasa, 18 Juni 2024

 

Daging kurban


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Hari Raya Idul Adha  atau hari raya kurban identik dengan masakan serba daging. Sebut saja rendang, bakso, soto, sate dan gulai lainnya. 


Kebanyakan setiap daerah saat Idul Adha membuat masakan serba daging.


Ini tips untuk keamanan dan kesehatan mengonsumsi daging ini disampaikan dokter mum pada Klinik Pratama Assyifa dan Klinik Sikes Secata B Rindam I/BB, dr. Syukria Fitri mengatakan, Selasa (18/6).


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi tubuh saat banyaknya hidangan lezat berbahan daging. Di antaranya, perhatikan dulu kondisi tubuh kita, bagaimana kesehatan kita, apakah kita punya penyakit berisiko atau tidak. 


Masaklah daging hingga matang sempurna agar terbebas dari bakteri penyebab penyakit. Hindari pengolahan secara berlebihan. Akan lebih baik diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang agar nutrisi di dalam daging tidak berkurang atau hilang.


"Jangan lupa batasi juga porsi mengonsumsi daging atau jangan memakan daging secara berlebihan," jelasnya.


Selain itu iringi juga dengan banyak minum air putih dan memakan serat seperti sayuran dan buah-buahan agar BAB tetap lancar. 


Bagi penderita kolesterol tinggi, selain batasi konsumsi daging, juga pilihlah bagian daging yang kandungan lemaknya rendah seperti sirloin dan tenderloin.


"Tips ini perlu diperhatikan dan jaga saat mengonsumsi daging saat Idul Adha ini," harap. (syam)