Inovasi Hyundai dalam Mobilitas Ramah Lingkungan, Creta EV -->

Iklan Atas

Inovasi Hyundai dalam Mobilitas Ramah Lingkungan, Creta EV

Jumat, 28 Juni 2024

Hyundai Creta EV bakal meluncur tahun depan.


Jakarta - Hyundai tengah fokus mengembangkan mobil listrik sebagai bagian dari strategi mereka. Setelah memperkenalkan beberapa model sebelumnya, Hyundai sekarang siap meluncurkan kendaraan ramah lingkungan terbaru dari lini produk yang telah laris di pasaran.


Mobil listrik terbaru dari produsen asal Korea Selatan ini diduga sebagai Hyundai Creta EV, yang telah terlihat dalam pengujian di jalan. SUV kompak sepenuhnya listrik ini diperkirakan akan memasuki tahap produksi massal pada akhir tahun ini, terutama untuk pasar India.


Penampakan Hyundai Creta EV telah dibagikan oleh Motorbeam, walaupun masih dibungkus dengan material kamuflase yang tebal. Namun, desain lampu depan dan belakang dari mobil yang tertutup ini jelas mengingatkan pada Creta.


Secara desain, Hyundai Creta EV memiliki banyak kesamaan dengan versi bensin (ICE) dari model Creta. Namun, ada beberapa perubahan yang dilakukan untuk membedakan keduanya, seperti pada grille dan sedikit penyesuaian pada lampu depan.


Creta EV diperkirakan akan memiliki grille yang unik, bumper yang direvisi, dan velg baru yang lebih aerodinamis. Reduksi hambatan udara ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan jangkauan mobil listrik ini.


Sebelumnya, Hyundai baru-baru ini menghentikan produksi Kona Electric secara diam-diam setelah menghapusnya dari situs resmi mereka. Saat ini, satu-satunya mobil listrik Hyundai yang tersedia di India adalah Ioniq 5. Dengan menghentikan produksi Kona, Hyundai membuka jalan bagi kehadiran Creta EV baru.


Detail spesifikasi yang lengkap mengenai Creta EV masih belum tersedia, tetapi diyakini mobil ini akan memiliki performa yang setara dengan Kona EV generasi terbaru. Mobil listrik ini akan menggunakan motor penggerak depan dengan tenaga sekitar 138 hp dan torsi 255 Nm, serta ditenagai oleh baterai berkapasitas 45 kWh.


Kapasitas baterai ini diperkirakan dapat memberikan jangkauan lebih dari 300 kilometer dalam sekali pengisian penuh. Meskipun sedikit lebih kecil dari MG ZS EV (50,3 kWh) dan Maruti eVX (48-60 kWh), Creta EV juga akan dilengkapi dengan port pengisian daya yang terletak di bagian depan kendaraan.(BY)