Kementerian Haji Arab Saudi dan SNB AlAhli Luncurkan Dompet Digital Nusuk -->

Iklan Atas

Kementerian Haji Arab Saudi dan SNB AlAhli Luncurkan Dompet Digital Nusuk

Rabu, 05 Juni 2024

Petugas menata dokumen paspor yang akan diberikan kepada jamaah calon haji saat tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.


Jakarta - Kerjasama antara Kementerian Haji dan Umrah (MoHU) Arab Saudi dengan Bank Nasional Saudi (SNB AlAhli) telah menghasilkan inovasi terbaru, yakni Dompet Nusuk, sebagai dompet digital internasional pertama di dunia. Dompet ini dirancang khusus untuk memudahkan jamaah umrah dan haji dalam mengatur keuangan mereka selama menjalani ibadah di Arab Saudi.


"Dengan Dompet Nusuk, jamaah dapat mengelola uang mereka secara efisien selama menjalankan ibadah," ungkap Direktur Pengalaman Digital MoHU, Ahmed bin Sulaiman Al-Maiman.


Langkah ini juga mempercepat upaya Arab Saudi dalam mewujudkan super-aplikasi yang memenuhi kebutuhan jamaah. Dompet digital Nusuk didukung oleh infrastruktur perbankan dari SNB AlAhli, dengan teknologi enkripsi terkini untuk menjaga keamanan transaksi finansial.


"Inovasi ini merupakan gabungan antara teknologi modern dan kebutuhan pengguna, dengan integrasi teknologi terbaru seperti AI, enkripsi, dan verifikasi identitas biometrik," jelas Ahmed.


MoHU menyatakan kesiapan penuhnya untuk berkolaborasi dengan pihak terkait dalam meningkatkan pengalaman para jamaah, serta terbuka terhadap ide dan solusi baru dari sektor swasta.


Dompet Nusuk, sebagai dompet digital open loop pertama di dunia, memungkinkan jamaah haji dan umrah untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. CEO Usaha dan Pembayaran Digital SNB AlAhli, Saleh bin Ibrahim Al-Furaih, memastikan bahwa Dompet Nusuk memenuhi standar keamanan finansial tertinggi sesuai dengan instruksi Bank Sentral Saudi (SAMA).(des)