Khutbah Idul Adha di Masjid Ilham: Ego Duniawi tak Boleh Ungguli Kecintaan kepada Allah -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Khutbah Idul Adha di Masjid Ilham: Ego Duniawi tak Boleh Ungguli Kecintaan kepada Allah

Selasa, 18 Juni 2024

 

Masjid Ilham di saat Idul Adha 1445 H.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Masjid Ilham, Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur penuh sesak karena menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Salat Idul Adha, setelah salat di lapangan Bancah Laweh dialihkan karena pada subuh, Senin (17/6) Kota Padang Panjang diguyur hujan. 


Bertindak sebagai Khatib, Azwar Hadi, M.Pd.I dan Imam, Anwar Sadat, M.Pd.I. 


Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Drs. Maiharman menyampaikan sambutan  atas nama pemko, mengucapkan selamat Idul Adha  semoga Allah senantiasa memberi petunjuk dan hidayah kepada kita semua.


"Iduladha saat ini merupakan momentum yang kita rayakan dengan sukacita. Namun di sisi lain kita masih berduka pascabencana  banjir bandang lahar dingin  Marapi yang menyebabkan

korban jiwa dan pengungsian serta kerugian materil yang cukup besar menimpa saudara kita," ucapnya.


Disampaikan, tahun ini ada 105 jemaah haji Kota Padang Panjang termasuk Pj. Walikota Sonny Budaya Putra bersama isteri.


"Informasi terakhir semua jemaah  berada  dalam kondisi prima, katanya. 


Ustaz Azwar Hadi dalam khutbahya menyinggung penggalan kisah Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS.


"Ibadah kurban yang selalu dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha mempunyai kisah dan sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari sosok Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. 


Dari pengorbanan Nabi Ibrahim yang bersedia menyembelih Ismail, umat Islam belajar bahwa ego duniawi sama sekali tidak boleh mengungguli kecintaan kepada Allah,.


Sebelumnya, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Masjid Ilham, Dr. Ir. Edwin, SP menyampaikan, tahun ini Masjid Ilham melaksanakan penyembelihan  lima ekor hewan kurban.


"Belum lama ini kita juga mendapat bantuan dari Gubernur Sumbar untuk kelanjutan pembangunan MDTA. Melalui Idul Adha mari kita doakan saudara kita yang tengah melaksanakan ibadah haji semoga diberi kelancaran dan memperoleh haji yang mabrur," kata mantan walikota era dr. H. Suir Syam itu. *(syam)*