Kinerja Bandara Soekarno-Hatta Menonjol pada Long Weekend Idul Adha -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Kinerja Bandara Soekarno-Hatta Menonjol pada Long Weekend Idul Adha

Rabu, 19 Juni 2024

Bandara yang dikelola Angkasa Pura II sukses melayani penerbangan masyarakat pada libur long weekend Iduladha mencapai 750.000 penumpang


Jakarta - Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II berhasil memberikan layanan perjalanan udara yang memadai selama libur panjang akhir pekan dari tanggal 15 hingga 18 Juni 2024.


Selama periode long weekend tersebut, total jumlah penumpang yang bergerak di 20 bandara yang dikelola AP II mencapai 750.082 orang, dengan 6.381 penerbangan yang berlangsung.


Tertinggi lalu lintas penerbangan terjadi pada tanggal 15 Juni dengan 252.342 penumpang dan tanggal 17 Juni dengan 165.307 penumpang.


Cin Asmoro, Pelaksana Tugas Senior Vice President Corporate Secretary AP II, menyatakan bahwa kerjasama yang solid antara semua pihak terkait di bandara sangat penting untuk menjaga kelancaran operasional dan penerbangan selama libur panjang tersebut.


“Dengan tingginya jumlah penerbangan pada libur Idul Adha, kolaborasi dari semua pihak terkait memastikan keamanan, keselamatan, pelayanan, serta kepatuhan terhadap semua peraturan yang berlaku,” ujarnya.


Dia menambahkan bahwa pihaknya bersyukur karena operasional dan pelayanan di bandara-bandara AP II secara keseluruhan berjalan lancar selama long weekend Idul Adha ini.


Cin Asmoro juga menyebutkan bahwa bandara-bandara AP II yang paling sibuk selama periode tersebut adalah Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang dengan 469.748 penumpang; Bandara Kualanamu di Deli Serdang dengan 76.370 penumpang; Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta dengan 20.169 penumpang; Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru dengan 32.130 penumpang; dan Bandara Minangkabau di Padang dengan 26.133 penumpang.


“Bandara Soekarno-Hatta, yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, berhasil melayani penumpang dengan baik selama libur long weekend Idul Adha, didukung oleh berbagai fasilitas operasional dan layanan yang dilengkapi dengan teknologi terbaru, termasuk Airport Operation Control Center (AOCC), Airport Infrastructure Control Center (AICC), dan Land Transport Control Center (LTCC),” kata Cin Asmoro.


Cin Asmoro juga menyatakan bahwa bandara-bandara lain yang dikelola AP II memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh penumpang.


“Semua bandara AP II berusaha memberikan layanan terbaik, salah satunya dengan meningkatkan konektivitas penerbangan, seperti yang dilakukan di Bandara Radin Inten II di Lampung. Menjelang libur long weekend Idul Adha, Bandara Radin Inten II dan Super Air Jet memperkuat konektivitas penerbangan dengan membuka rute penerbangan langsung dari Lampung ke Batam,” tutup Cin Asmoro.(BY)