Kodim 0306/50 Kota Siap Mendukung Tradisi Adat dan Budaya Kabupaten 50 Kota -->

Iklan Atas

Kodim 0306/50 Kota Siap Mendukung Tradisi Adat dan Budaya Kabupaten 50 Kota

Senin, 24 Juni 2024
.


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com -- Kepada Staf Kodim (Kasdim) 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Arman turut menghadiri Kegiatan Pembukaan Festival Bundo Kanduang Kabupaten 50 Kota tahun 2024, bertempat di Ruang Terbuka Hijau Mahkota Berlian Sarilamak Kecamatan Harau. Senin (24/6/2024).


Kegiatan Festival Bundo Kanduang kabupaten 50 Kota tersebut diisi dengan perlombaan kuliner, lomba baju kuruang dan lomba tradisi basibak yang dibuka oleh Sekda kabupaten 50 Kota Herman Azmar didampingi ketua DPRD kabupaten 50 Kota Deni Asra. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim Mayor Inf Edi Arman, Kapolres Kabupaten 50 Kota diwakili Kabag Ops AKP Hariyanto, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten 50 Kota Afri Efendi, Camat se-kabupaten 50 Kota, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda se-Kabupaten 50 Kota. 


Sekda kabupaten 50 Kota Herman Azmar dalam sambutannya mengatakan, festival merupakan ajang silaturrahmi, pemerintah kabupaten 50 Kota tentunya mensuport dan memberikan dukungan agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan setiap tahunnya. 


Selain itu festival bundo kanduang juga dalam rangka memberikan motivasi untuk generasi muda, dan dijadikan program unggulan dalam mengembangkan seni budaya dalam mewujudkan Kabupaten 50 Kota yang Madani, ucap Herman Azmar 


Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten 50 Kota Deni Asra dalam penyampaiannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan festival bundo kanduang di Kabupaten 50 Kota, upaya membangkit batang tarandam dan melestarikan seni budaya Minang Kabau, ujarnya. 


Senada dengan Sekda dan Ketua DPRD Kabupaten 50 Kota, Kasdim 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Arman dalam keterangannya menyebutkan, festival bundo kanduang merupakan pesta perhelatan yang berisikan seni budaya dan kearifan lokal Minang Kabau.


Peran Bundo Kanduang dalam kehidupan masyarakat Minang Kabau sangat sentral, dimana Bundo Kanduang adalah garda terdepan penerapan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah di dalam kehidupan sehari hari, terang Kasdim. 


Selain itu menurut Kasdim dengan Festival Bundo Kanduang ini tentunya akan memperlihatkan betapa kayanya kabupaten 50 Kota dengan Adat Istiadatnya, pungkas Kasdim.(ul)