KPU Solsel Memproyeksikan Jumlah TPS Di Solok Selatan Sebanyak 347 TPS -->

Iklan Atas

KPU Solsel Memproyeksikan Jumlah TPS Di Solok Selatan Sebanyak 347 TPS

Sabtu, 01 Juni 2024

 

Plh ketua KPU Solsel Elfira Roza saat diwawancarai sejumlah awak media, usai menghadiri pelantikan PKD Solsel. (Abg


Solsel,fajarsumbar.com - Setelah sukses membentuk badan Adhoc sebagai tahapan awal persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan melakukan finalisasi pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan tahun 2024.

Demikian PLH Ketua KPU Solok Selatan, Elvira Roza saat diwawancarai sejumlah Awak Media usai menghadiri pelantikan PKD Solok Selatan di Pesona Alam Sangir. Sabtu (1/6/2024). 

"KPU Solsel memproyeksikan jumlah TPS di Solok Selatan sebanyak 347 TPS," sebutnya. 

"Pemetaan TPS tersebut dilakukan berdasarkan hasil data sinkronisasi data KPU RI dari DP4 Kemendagri dengan data pemilu terakhir, sebanyak 128.609 pemilih," ujar Elvira Roza lagi. 

Elvira Roza yang juga Komisioner KPU Solsel Divisi Perencanaan Data dan Informasi itu melanjutkan, awalnya proyeksi TPS di 7 kecamatan se-Kabupaten Solok Selatan berjumlah 599 TPS pada Pemilu 2024, namun pada Pilkada 2024 berkurang sebanyak 42 persen.

Berkurangnya TPS ini diakibatkan adanya PKPU yang mengatur jumlah maksimal pemilih yang mana pada Pemilu maksimal 300 per TPS, namun pada Pilkada maksimal pemilih di TPS berjumlah 600 pemilih. 

"Dari 347 TPS tersebut kita proyeksikan untuk jumlah Pantarlih yang akan melakukan Coklit sebanyak 524 orang, dengan pemilih yang berjumlah diatas 400 per-TPS diproyeksikan sebanyak 2 pantarlih," jelasnya lagi.

Dalam melakukan pemetaan TPS tersebut, KPU mempertimbangkan 4 aspek yaitu tidak menggabungkan Desa/Nagari, lalu memberikan kemudahan pemilih ke TPS, kemudian tidak memisahkan pemilih dalam satu KK pada TPS yang berbeda, dan terakhir memperhatikan aspek geografis lingkungan.

Sementara itu, Elvira menyampaikan untuk proses Pencocokan dan Penelitian data pemilih, akan berlangsung selama Bulan Juni hingga Juli 2024.(Abg).