Krisis Air Bersih, Warga Dusun Lima Jorong Kayu Aro Solok, Lakukan Gotong Royong -->

Iklan Atas

Krisis Air Bersih, Warga Dusun Lima Jorong Kayu Aro Solok, Lakukan Gotong Royong

Senin, 03 Juni 2024
Warga perbaiki pipa untuk mengatasi krisis air bersih di Dusun Lima Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Minggu (2/6/2024). (def)


Solok, Fajarsumbar.com - Warga Dusun Lima Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, melakukan gotong royong, Minggu (2/6/2024). 


Kegiatan ini dilakukan karena warga sudah hampir satu bulan mengalami kesulitan mendapatkan air bersih yang memadai.


Warga Dusun Lima Jorong Kayu Aro bersama-sama menyusuri pipa air di sepanjang jalur yang menghubungkan sumber air dengan pemukiman mereka. Setidaknya ada sekitar enam kilometer pipa air bersih yang mengalir dari sumber air di Jorong Kayu Jao, yang masih berada di dalam wilayah Nagari Batang Barus.


Menurut warga setempat, Asep dan Ujang, tekanan air melemah karena banyak pipa air yang disambung oleh warga di luar Dusun Lima. Padahal, air bersih ini diperuntukkan bagi warga Dusun Lima sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Tirta Investama Solok (Aqua) di Jorong Kayu Aro.


Selama hampir satu bulan terakhir, warga mengeluhkan kondisi air bersih yang tidak memadai. Padahal, Jorong Kayu Aro dikenal sebagai penghasil air bersih terbaik di daerah tersebut. Ironisnya, warga Dusun Lima kesulitan mendapatkan air bersih yang layak.


Dahulu, warga Dusun Lima tidak mengalami masalah air bersih karena ada sungai besar bernama Air Badak yang melintasi daerah tersebut. Namun, kini sungai tersebut mengering saat musim panas tiba. Banyak warga menduga penyusutan air terjadi sejak dibukanya perkebunan teh oleh PTPN 6 Danau Kembar di Jorong Kayu Jao.(def)