Memperingati Tanri Abeng, Penghargaan atas Kontribusi di Dunia Bisnis Internasional -->

Iklan Atas

Memperingati Tanri Abeng, Penghargaan atas Kontribusi di Dunia Bisnis Internasional

Senin, 24 Juni 2024

JK kenang Tanri Abeng


Jakarta - Wakil Presiden RI ke-10, Jusuf Kalla (JK), mengenang Tanri Abeng dengan penuh penghargaan saat mengunjungi rumah duka. Baginya, Tanri Abeng adalah sosok yang langka di Indonesia.


Menurut JK, tidak banyak orang Indonesia pada zamannya yang berhasil mencapai posisi CEO di perusahaan-perusahaan internasional, seperti yang telah dicapai oleh Tanri Abeng, mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN di masa pemerintahan Soeharto dan BJ Habibie.


"Saya kira waktu itu tidak banyak orang Indonesia yang bisa menjadi CEO di perusahaan-perusahaan internasional," ujar JK di rumah duka Tanri Abeng, seperti dilansir dari Antara pada Minggu (23/6/2024).


JK juga menyoroti kelebihan Tanri Abeng dalam manajemen waktu, keahlian manajerial, serta keterlibatannya dalam organisasi yang membuatnya mampu mengelola perusahaan-perusahaan asing dengan sukses. Pengalaman dan keahliannya tersebut, menurut JK, turut berkontribusi besar dalam kemajuan BUMN saat menjabat.


"Setelah beliau di BUMN, modal BUMN menjadi lebih baik karena pengalaman dan pemahaman beliau dalam bisnis dan kerja sama dengan perusahaan asing," tambah JK.


Suharso Monoarfa, Kepala Bappenas, juga sependapat dengan JK bahwa kemampuan untuk memimpin perusahaan asing pada masa Tanri Abeng adalah sesuatu yang langka di kalangan pemimpin Indonesia saat itu.


"Zaman itu jarang orang Indonesia yang bisa mencapai posisi CEO di perusahaan multinasional. Tanri Abeng adalah contoh bahwa orang Indonesia mampu meraih sukses di tingkat internasional," ucap Suharso.


Menurut Suharso, Tanri Abeng tidak hanya berperan dalam dunia bisnis, tetapi juga aktif dalam diskusi dan konsolidasi perusahaan plat merah, memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.


"Mari kita tetap bersemangat dan meneladani semangat Pak Tanri Abeng dalam membangun Indonesia," tutup Suharso.


Sebelumnya, mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu, telah mengumumkan bahwa Tanri Abeng meninggal dunia pada Minggu pukul 02.36 WIB di Rumah Sakit Medistra Jakarta. Proses pemakaman akan dilaksanakan di Komplek Universitas Tanri Abeng, Jalan Swadarma Raya No. 58, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.(BY)