Menghadapi Proses Pilkada Serentak Siapkan Mental Bagi Penyelenggara Pemilu secara Matang -->

Iklan Atas

Menghadapi Proses Pilkada Serentak Siapkan Mental Bagi Penyelenggara Pemilu secara Matang

Sabtu, 08 Juni 2024

 

Bimtek PPK dan PPS se Solok Selatan hari kedua dengan Pameteri Ketua KPU Solsel. (Abg

Padang, fajarsumbar.com - Hari kedua Bimbingan Teknis  Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bupati Dan Wakil Bupati Solok Selatan Tahun 2024. Sabtu (8/6/2024).

Pagi itu dilaksanakan Bimtek dengan Materi Keuangan Umum dan Logistik dengan pemateri ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelly dan moderator Etwin Juanda. 
 
Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelly memaparkan, semua Kabupaten di Sumatera Barat dan KPU se-Indonesia bertujuan, bagaimana Pilkada serentak itu berjalan sukses, makanya pada hari ini semua penyelenggara Pemilu diberikan Bimbingan dan pemahaman untuk menghadapi hal dimaksud. 

Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 merupakan tantangan baru bagi penyelenggara pemilu dan sekretariat dan akan banyak menuai masalah dan permasalahan. 

Kalau seandainya kita tidak siap secara regulasi dan siap kita secara kualifikasi klasifikasi diri, kita maupun secara operasional maupun secara kolektif maka kesiapan kita baik secara personal. 

Secara kelembagaan kolektif kolegial di situ kita itu menjadi hal yang sangat penting kita menghadapi Pemilu tersebut, secara tersebut kita butuhkan soliditas dari kita semua membutuhkan solidaritas, maka saya ulang lagi solidaritas antar Bapak Ibu solid antara yang lain. 

Berkomunikasi dengan orang lain silahkan  bersama PPS dan PPK bersama sekretariat soliditas itu, loyalitas secara hierarki PPS PPK, PPK kepada KPU loyalitas ini sangat penting. 

Memetakan dan mengantisipasi permasalahan yang kemungkinan akan mempengaruhi pelaksanaan agenda tahapan Pilkada segera dilakukan. 

KPU atau penyelenggara Pemilu adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga nanti jika ada orang yang berurusan dan bertanya di kantor KPU mereka mendapat jawaban yang memuaskan, jangan terbalik, setelah masyarakay meninggalkan kantor KPU tidak membawa jawaban yang memuaskan. 

Seandainya ada dua atau tiga calon kepala daerah akan ada banyak permasalahan yang akan kita hadapi

Juni Juli, Agustus tantangan kinerja PPK dan PPS  adalah dari jajaran Bawaslu saja, oleh Karena itu jalinlah komunikasi dengan jajaran Bawaslu itu.

Sebegitu pentingnya kehadiran penyelenggara seperti PPK, PPS, jujur saja kalau tidak ada PPK dan PPS, penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada itu tidak akan terlaksana. 

Begitu juga terkait dengan laporan keuangan masing masing penyelenggara harus ditaati dan harus dikelola dengan baik, sehingga nanti tidak terjerat dengan hukum. 

Bagi penyelenggara Pemilu dan Pilkada ini akan diberi asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan dan kita sudah lakukan kerjasama, dimana anggota PPK dan PPS ditanggung BPJS nya selama pelaksanaan Pemilu Pilkada tahun 2024 ini.(Abg).