Panduan Lengkap Memeriksa dan Mengganti Minyak Rem Mobil -->

Iklan Atas

Panduan Lengkap Memeriksa dan Mengganti Minyak Rem Mobil

Rabu, 19 Juni 2024

Berikut cara dan mengganti cek minyak rem mobil.


Jakarta - Pemilik kendaraan perlu memahami pentingnya memeriksa minyak rem pada mobil mereka, karena minyak rem berfungsi untuk melumasi komponen pengereman agar tidak cepat aus dan memastikan sistem pengereman bekerja optimal.


Berikut adalah cara mengecek dan mengganti minyak rem pada mobil, seperti yang dijelaskan oleh laman resmi Daihatsu, Selasa (18/6/2024):


Cara Memeriksa Minyak Rem Mobil:


Persiapan Sebelum Pengecekan:

Parkirkan mobil di tempat yang aman dan datar sebelum memulai pengecekan. Pastikan mesin dalam kondisi dingin untuk menghindari risiko terbakar dari minyak rem.


Buka Tutup Reservoir Minyak Rem:

Reservoir minyak rem biasanya terletak dekat dengan master silinder rem dan memiliki penutup berwarna terang. Bersihkan area di sekitar reservoir sebelum membuka tutupnya untuk mencegah kontaminasi kotoran.


Periksa Level Minyak Rem:

Lihat indikator level minyak rem di samping reservoir. Minyak rem idealnya berada di antara indikator maksimum dan minimum. Jika minyak rem di bawah indikator minimum, tambahkan minyak rem yang berkualitas sesuai spesifikasi pabrikan.


Periksa Kondisi Minyak Rem:

Minyak rem yang baru umumnya berwarna bening, kekuningan, atau merah. Jika warnanya berubah menjadi keruh, ini menandakan adanya kontaminasi kotoran atau debu, dan perlu dilakukan penggantian. Untuk memastikan, gunakan brake fluid tester untuk memeriksa kadar air dalam minyak rem.


Cara Mengganti Minyak Rem Mobil:


Buka Tutup Reservoir:

Buka tutup reservoir dan tempatkan wadah di bawahnya untuk menampung minyak rem yang keluar.


Mengendurkan Baut Nepel:

Kendurkan baut nepel di komponen tromol atau kaliper rem menggunakan kunci ring untuk mengeluarkan minyak rem. Proses ini bisa dipercepat dengan menginjak pedal rem beberapa kali, namun pastikan tidak mengeringkan minyak rem di dalam reservoir agar sistem pengereman tidak terpapar udara.


Mengencangkan Baut Nepel:

Setelah minyak rem keluar, kencangkan kembali baut nepel.


Isi Minyak Rem Baru:

Isi reservoir dengan minyak rem baru sesuai kebutuhan.


Proses ini merupakan cara dasar untuk memeriksa dan mengganti minyak rem pada mobil. Jika merasa tidak yakin atau tidak berpengalaman, sebaiknya kunjungi bengkel resmi untuk melakukan penggantian minyak rem. Disarankan untuk mengganti minyak rem setiap kali mobil mencapai jarak tempuh 20.000 kilometer.(BY)