Pariaman Bersiap Gelar Pesona Hoyak Tabuik dengan Dukungan Kemenparekraf -->

Iklan Atas

Pariaman Bersiap Gelar Pesona Hoyak Tabuik dengan Dukungan Kemenparekraf

Sabtu, 01 Juni 2024

Dua Tabuik yaitu berupa menara yang terbuat dari kayu setinggi belasan meter dibuang ke laut pada Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2022 yang dilaksanakan di Kota Pariaman, Sumatera Barat.



Pariaman – Kota Pariaman, Sumatera Barat akan mendapat bantuan sarana dan promosi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI untuk mendukung kegiatan budaya dan wisata Pesona Hoyak Tabuik Budaya Pariaman, yang akan digelar pada 7 hingga 21 Juli 2024.


"Pemerintah pusat akan membantu penyediaan tenda dan promosi untuk Tabuik," ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman, Kamis.


Dia menambahkan bahwa bantuan tersebut termasuk penyediaan tenda yang tidak tercakup dalam anggaran pemerintah setempat. Untuk mendapat bantuan tersebut, pihaknya akan menyusun proposal kepada pemerintah pusat.


Terkait promosi, karena Tabuik termasuk dalam Kharisma Event Nasional 2024, maka kegiatan tersebut akan dipromosikan oleh Kemenparekraf.


"Tabuik akan dipromosikan melalui videotron dan media sosial Kemenparekraf," katanya.


Dia berharap bantuan dari Kemenparekraf akan membuat kegiatan budaya dan wisata tahunan yang mampu menarik ratusan ribu wisatawan itu semakin meriah dan berdampak besar pada promosi daerah.


Sebelumnya, kegiatan budaya dan wisata tahunan di Kota Pariaman, Sumatera Barat, yaitu Pesona Hoyak Tabuik Budaya Pariaman, telah terpilih sebagai salah satu Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.


"Kota Pariaman masuk dalam enam kabupaten dan kota di Sumbar yang terpilih sebagai 110 event KEN," kata Ferialdi.


Dia menjelaskan bahwa daerah yang kegiatan wisatanya masuk dalam KEN akan mendapat dukungan dari Kemenparekraf, terutama dalam hal anggaran. Selain itu, kemungkinan besar kegiatan akan dihadiri oleh Presiden RI dan Menteri Parekraf RI.(des)