Pastikan Proses Coklit Sesuai Regulasi, Bawaslu Kota Pariaman Launching Posko Kawal Hak Pilih -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Pastikan Proses Coklit Sesuai Regulasi, Bawaslu Kota Pariaman Launching Posko Kawal Hak Pilih

Rabu, 26 Juni 2024

Bawaslu Sumbar, Muhammad Khadafi saat hadir di Launching Posko Kawal Hak Pilih Bawaslu Kota Pariaman. Rabu (26/06/2024)





Kota Pariaman
- Upaya memastikan proses pemutakhiran data pemilih dengan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Pantarlih, Bawaslu Kota Pariaman Launching posko kawal hak pilih di kantornya, Rabu (26/06/2024) 



Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan menyebutkan hingga saat ini selama proses coklit yang berlansung baru 2 hari, dari laporan anggota dilapangan masih ada ditemukan data yang sudah TMS sebelumnya namun masih ada dalam DPT. 


Sebenarnya faktor lain juga mempengaruhi diantaranya pertumbuhan jumlah penduduk di kota Pariaman, akan mempengaruhi jumlah DPT penduduk setempat.



Melihat kondisi tersebut, Bawaslu Kota Pariaman telah memetakan Indeks kerawanan di Kota Pariaman agar bisa lebih muda memantau lokasi dan desa yang menjadi objek pengawasan kusus. 



Walaupun sebenarnya, Bawaslu beserta jajaran hingga PKD di setiap Desa memiliki kekurangan personil dalam proses coklit karena satu desa hanya ada 1 PKD, sementara penyelenggara teknis seperti PPS memiliki lebih dari personil kami. 



Namun, hal ini tidak membuat semangat dan keseriusan dalam pengawasan yang dilakukan oleh anggota berserta jajaran membuat surut kebelakang malahan ini sebagai tantangan tersendiri dalam mengawal dan mensukseskan agar proses jalanya seluruh tahapan sesuai regulasi yang ada. Ujar, Riswan.



Sementara itu, Bawaslu Sumbar koordinator divisi pencegahan, Muhammad Khadafi dalam sambutan mengatakan penyelengara adalah pekerjaan bangsa yang di limpahkan kepada kita. 



Kita mesti menjaga hak pilih warga hingga di setiap desa dan sampai ke TPS. Jaga terus petugas dan kawal petugas pemutakhiran data selama melakukan coklit dilapangan agar pekerjaan yang dilakukan oleh penyelenggara teknis sesuai dengan amanah undang-undang. 



Ia menyebut, proses Launching kawal hak pilih yang dilakukan oleh Bawaslu seluruh Indonesia sebagai momentum dalam memberitahu publik serta menjadikanya agar selalu menjaga hak pilih warga Indonesia selama Pilkada 2024. Terang, Muhammad Khadafi (Heri