Pemadaman Listrik di Sumatera Hampir Teratasi -->

Iklan Atas

Pemadaman Listrik di Sumatera Hampir Teratasi

Kamis, 06 Juni 2024

ilustrasi


Jakarta – Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jisman Hutajulu, menyampaikan bahwa pemadaman listrik total yang terjadi di beberapa wilayah di Pulau Sumatera hampir sepenuhnya teratasi.


"Saya sudah mendapatkan informasi, sekarang hampir semuanya sudah pulih. Semoga semuanya berjalan lancar," ujarnya setelah menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI di Senayan, Jakarta, pada Rabu (5/6/2024) siang.


Jisman menambahkan bahwa ia belum memperoleh informasi lengkap mengenai penyebab gangguan listrik tersebut. Namun, yang pasti, relay yang berfungsi mengendalikan aliran listrik bekerja dengan baik sehingga aliran listrik terputus saat terjadi gangguan. "Relay-nya berfungsi untuk memadamkan, itu intinya," jelasnya.


Selain itu, Jisman meminta PLN untuk melakukan langkah mitigasi agar kejadian pemadaman total tidak terulang di masa mendatang.


"Perlu investigasi dan audit. Jangan sampai terulang lagi, itu juga instruksi dari Pak Menteri," tegas Jisman.


Sebelumnya, PT PLN (Persero) telah mengerahkan 130 personel untuk memperbaiki gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat yang berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi, Bengkulu, hingga Sumatera Barat (Sumbar).


"Kami sedang bergerak cepat mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi pada beberapa jaringan transmisi di Pulau Sumatera dengan mengerahkan 130 personel gabungan," kata Manajer Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu, Iwan Arissetyadhi.


Saat ini, lanjutnya, personel fokus untuk menormalkan kembali jaringan listrik yang terganggu tersebut.


"Saat ini sudah mencapai 90 persen normalisasi pemadaman total akibat gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat yang terjadi pada Selasa (4/6/2024) kemarin," jelasnya.


Sementara itu, listrik di wilayah Kabupaten Empat Lawang, Sumsel, pada Rabu pagi kembali padam, dan pihaknya akan memeriksa apakah pemadaman tersebut bersifat lokal atau masih terkait dengan gangguan SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat.


"Setelah listrik benar-benar pulih dan normal, kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyelidiki penyebab pemadaman total tersebut," tutupnya.(des)