Penyebab Umum Motor Matic Tidak Bisa Distarter Tetapi Bisa Diengkol -->

Iklan Atas

Penyebab Umum Motor Matic Tidak Bisa Distarter Tetapi Bisa Diengkol

Selasa, 25 Juni 2024

Ilustrasi: Penyebab motor matic susah di starter


Jakarta - Ada sepuluh alasan mengapa motor matic tidak bisa dinyalakan dengan starter namun masih dapat dinyalakan dengan engkol. Penting untuk merawat motor matic dengan baik agar mesinnya tetap awet.


Salah satu penyebab utama adalah keharusan motor matic untuk distarter guna menyalakan mesinnya. Meskipun demikian, motor jenis ini dilengkapi dengan engkol sebagai cadangan jika starter tidak berfungsi.


Berikut ini adalah sepuluh alasan mengapa motor matic tidak bisa distarter tapi bisa diengkol, dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (21/06/2024):


Baterai rusak

Motor matic menggunakan sistem kickstarter elektronik. Jika baterainya mati, motor tidak akan menyala. Pastikan untuk memeriksa koneksi baterai dengan teliti.


Kehabisan bensin

Terkadang pengguna motor matic lupa memeriksa ketersediaan bensin. Pastikan tangki bensin selalu terisi cukup untuk menghidupkan motor.


Aki motor lemah

Aki merupakan komponen krusial yang menyimpan arus listrik. Jika aki lemah, motor tidak dapat distarter tetapi masih bisa diengkol. Namun, jika aki benar-benar rusak, motor tidak akan menyala meskipun diengkol.


Kerusakan starter motor

Starter motor yang rusak akan mengakibatkan motor tidak dapat distarter karena kegagalan dalam memutar mesin.


Solenoid starter bermasalah

Solenoid pada motor matic berguna untuk memindahkan gigi starter ke gigi mesin. Kerusakan solenoid akan membuat motor harus diengkol.


Saklar starter rusak

Saklar starter yang rusak juga dapat menyebabkan motor tidak bisa distarter.


Gigi starter aus

Jika gigi starter sudah aus, starter tidak akan terhubung dengan baik ke gigi mesin.


Gangguan sistem kelistrikan

Masalah kelistrikan dalam motor dapat membuat motor tidak bisa distarter karena listrik inilah yang memulai proses untuk menyalakan motor.


Kabel kelistrikan bermasalah

Kabel di dalam motor berperan dalam menyalurkan arus listrik ke berbagai komponen. Kerusakan atau putusnya kabel bisa membuat motor harus diengkol untuk menyala.


Cara engkol yang tidak benar

Engkol yang dilakukan dengan cara yang salah juga dapat membuat motor tidak mau menyala. Pastikan untuk mengikuti prosedur yang benar saat melakukan engkol.


Demikianlah sepuluh penyebab mengapa motor matic tidak bisa distarter tetapi bisa diengkol. Perawatan yang baik sangat penting untuk menjaga agar motor matic selalu dapat beroperasi dengan baik.(BY)