Perdana Di Indonesia Siswa Siswi SMKN 1 Solok Selatan PKL Ke Tokyo Jepang -->

Iklan Atas

Perdana Di Indonesia Siswa Siswi SMKN 1 Solok Selatan PKL Ke Tokyo Jepang

Jumat, 14 Juni 2024

 

Kepala. sekolah SMKN. 1 Solsel mencerahkan buku panduan. PKL disaksikan komite dan LPK 3G. (Abg)

Solsel, fajarsumbar.com - Sebuah kesempatan emas tidak disia-siakan oleh siswa siswi SMKN  Solok Selatan, (Sumbar). Enam (6) orang siswa SMKN  Solok Selatan akan dikirim magang Negara Mata Hari Terbit Tokyo Jepang. 

Mendapat Informasi ini pihak sekolah langsung menyambut baik program yang disampaikan oleh yayasan

Untuk lebih matangnya rencana kegiatan Magang siswanya, pihak sekolah mengadakan rapat pelepasan siswa siswi Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Magang. Jumat (4/6/2024)

Hadir pada rapat pelepasan itu, ketua Komite SMKN 1 Solok Selatan beserta anggota, guru pembimbing dan pengelola LPK 3G A. D. Y Wati. 

Kepala Sekolah SMKN 1 Solok Selatan Efrizol dalam sambutanya menyampaikan 

Yang akan. menentukan ananda bisa ikut Magang ini adalah tergantung nilai Rapor yang akan keluar pada tanggal 20 Juli ini. 

Yang akan kami kirimkan  untuk magang atau PKL itu adalah siswa siswi yang nilainya bagus dan tidak dibawah standar. 

Keberangkatan 11 Juli 2024 
tempat PKL ada di Sumatera Barat dan ada yang diluar Negeri dinTokyo Jepang. 

Jumlah Siswa yang akan magang tahun ajaran 2024-2025 sebanyak 310 orang terdiri dari 137 Magang di Kota Padang
Jepang 6 Orang, Bukittinggi, Solok
Payakumbuh, Pesisir Selatan, Dharmasraya  dan selebihnya di Solok Selatan. 

Hari ini dilakukan pelepasan dengan tujuan apakah anak anak atau orang tua siap melepaskan anaknya untuk pendidikan ganda ini. 

Sebenarnya sesuai dengan tuntutan zaman seharusnya siswa PKL ini lebih banyak ke Luar Negeri, namun berbagai hal dan kendala, termasuk ekonomi. 

Dalam kesempatan ini kita mendapatkan sebuah harapan, yang mana sejumlah siswa siswi kita mendapat kesempatan untuk PKL ke Jepang melalui LPK 
sebanyak enam. orang dari berbagai jurusan
Arsya H. Septiani Putri
jurusan Kuliner
Ririn Maprianti
jurusan Perhotelan
FarhanFadilah
jurusan Perhotelan
Fathia Maulidina
 jurusan Perka toran
Della Febrial Nadewi
jurusan Perkantoran
Micky Adi G Hafar 
jurusan Perhotelan

Jumlah siswa akan PKL sebanyak 310 orang terdiri dari jurusan AKL 53, MPLB 54, Pemasaran 41,TKJ 58, DKV 30, Perhotela  44, Kuliner 30

PKL itu adalah sistim Pendidikan Ganda dan menerima pelajaran diluar sekolah, tetapi jangan dianggap PKL itu untuk bersenang senang dan enjoy atau bebas dari pembelajaran tetapi adalah menambah ilmu diluar pelajaran.

Disaat melaksanakan PKL itu, kami pihak sekolah tidak ingin ada masalah baru ditempat PKL itu, dan yang akan merusak nama baik sekolah. 

Harapan kami dari sekolah, setelah anak anak kami selesai melaksanakan PKL bisa mengembangkan diri, bertambah ilmu dan bisa mandiri, ciptakan lapangan kerja sendiri. 

Ketua Komite SMKN 1 Solok. Selatan Joni Wardi Dt Malin. Pangulu dalam arahnya mengatakan, kami dari Komite berbangga dengan capaian dari sekolah ini, SMK jauh berbeda dengan sekolah umum. lainya, siswanya punya skill. dan ke ahlian berbeda dengan sekolah umum, bahkan tamat dari sekolah kejuruan ini banyak yang mandiri dan ciptakan lapangan kerja. 

Terkait dengan adanya kesempatan siswa sekolah SMKN 1 Solok Selatan mendapat kesempatan untuk Magang atau PKL ke Negara Matahari Terbit Jepang sangat luar biasa, bahkan perdana pengiriman siswa Magang ke Jepang di Indonesia. 

EDY A Wati pengelola LPK 3G berpusat Dipandang mengatakan, sebenarnya program ini sudah lama disampaikan, namun belum ada yang berani untuk melaksanakan PKL diliar Negeri, akhirnya tahun ini sebanyak enam orang siswa siswi SMKN  Solok Selatan mendapatkan kesempatan ini. 

Ini juga merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Jepang, dan nanti prosedurnya sudah disampaikan. 

" Ini merupakan pengiriman pertama siswa PKL ke Jepang se Indonesia. dan diwakili oleh siswa siswi SMKN  Solok Selatan, "

Penginapan akan disediakan oleh Kedubes RI, termasuk untuk biaya harian di sana 
Selama enam bulan, bahkan mereka nanti akan diberi uang saku sebesar 10 ribu Ueand atau Rp 10 juta setiap bulanya. 

Kalau dapat untuk berikutnya harus ada guru pendamping saat anak magang, guru pendamping itu harus ada skil dan sarat lainya. 

Untuk proses selanjutnya, mereka nanti akan dijemput oleh perusahaan dan akan langsung diantarkan ke penginapan, intinya di sana ada penunjuk atau Gadget perusahaan. 

Rencana berangkat Juli 2024 sejalan dengan kegiatan Magang sekolah yang akan dilaksanakan juga. (Abg