Perkenalkan Ibu Kota Nusantara Lewat Wisata Bahari di Perairan Balikpapan -->

Iklan Atas

Perkenalkan Ibu Kota Nusantara Lewat Wisata Bahari di Perairan Balikpapan

Sabtu, 22 Juni 2024

Menhub Siapkan Kapal Pinisi untuk IKN.


Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mendukung pelayaran kapal pinisi sebagai sarana wisata menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Upaya ini bertujuan untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat, terutama karena potensi wisata di perairan Balikpapan sangat menarik.


"Potensi wisata di perairan Balikpapan yang masih asri dan alami sangat mengesankan dan sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, hari ini saya meninjau Pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan yang akan menjadi rute pelayaran kapal pinisi untuk wisata di wilayah Balikpapan, khususnya menuju kawasan IKN," ujar Menhub dalam pernyataan resminya, Sabtu (22/6/2024).


Menhub menjelaskan bahwa Ditjen Perhubungan Laut telah menetapkan dua rute untuk layanan kapal pinisi, yaitu dari Pelabuhan Semayang – Jembatan Pulau Balang (passing) – Dermaga PT ITCI KU (memutar) – kembali ke Pelabuhan Semayang. Rute sebaliknya adalah Dermaga PT ITCI KU – Jembatan Pulau Balang (passing) – Pelabuhan Semayang (memutar) – kembali ke Dermaga PT ITCI KU.


Total waktu pelayaran diperkirakan sekitar 3 jam 30 menit. Sepanjang perjalanan, wisatawan bisa menikmati berbagai pengalaman menarik, mulai dari wisata kuliner, mengunjungi gedung serba guna dan jembatan estetis Pulau Balang, hutan bakau, penangkaran orangutan, hingga melihat hewan endemik seperti ikan pesut, bekantan, dan buaya.


"Saat berada di wilayah IKN, wisatawan juga bisa menikmati tur keliling Kota di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan," jelas Menhub.


Menhub juga menambahkan bahwa jalur laut bisa mempersingkat waktu perjalanan dari Balikpapan menuju IKN dibandingkan menggunakan transportasi darat. Dengan demikian, wisatawan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati pengalaman di Ibu Kota baru tersebut.


Sebagai informasi, sebelumnya Menhub juga telah mengajak Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia (INSA) untuk bekerja sama dalam pengadaan kapal pinisi di IKN.(BY)