Persiapan Penting BUMN untuk Perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN -->

Iklan Atas

Persiapan Penting BUMN untuk Perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN

Minggu, 30 Juni 2024

Pasokan energi di IKN akan disuplai oleh perusahaan BUMN


Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan bahwa pasokan energi ke kantor-kantor pemerintahan di IKN akan dilakukan oleh perusahaan negara. Energi tersebut mencakup jaringan listrik dari sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hingga gas di Istana Presiden, kantor Kementerian Koordinator 3 dan 4, serta rumah dinas Menteri.


Menurutnya, BUMN bertanggung jawab penuh dalam menyiapkan fasilitas utama di kantor-kantor pemerintahan di IKN sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Fasilitas ini juga direncanakan dapat digunakan saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN.


"Erick menyambut baik penugasan penting dari Presiden Jokowi kepada Kementerian dan BUMN untuk mempersiapkan berbagai fasilitas utama di kantor-kantor pemerintahan di IKN sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," kata Erick pada Minggu (30/6/2024).


“Dari Istana Presiden, rumah dinas menteri, hingga kantor Kementerian Koordinator 3 dan 4, telah dilengkapi dengan pasokan jaringan listrik dari PLTS dan jaringan gas,” tambahnya.


Dia juga menegaskan bahwa PT PLN (Persero) tidak hanya memasok listrik untuk acara peringatan HUT Kemerdekaan RI, tetapi juga telah memastikan keamanan interkoneksi listrik di Kalimantan.


Untuk memenuhi kebutuhan listrik selama acara peringatan HUT Kemerdekaan RI, PLN siap menggunakan PLTS di IKN untuk menyediakan listrik sebesar 10 MW dari total kapasitas 50 MW, serta Gas Insulated Substation (GIS) 150 KV dengan kapasitas 2x60 MVA, jaringan transmisi, jaringan distribusi, dan sembilan unit gardu hubung hingga gardu distribusi.


Untuk menyediakan total daya sebesar 1,5 MW untuk venue utama rangkaian acara HUT RI, PLN juga menjamin keandalan suplai cadangan listrik menggunakan genset.


“PLN, baik melalui PLTS maupun infrastruktur gardu induknya, telah memastikan pasokan listrik tidak hanya untuk kebutuhan venue utama acara peringatan HUT Kemerdekaan, tetapi juga untuk keamanan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan,” ungkapnya.


Erick juga memeriksa langsung kesiapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di IKN, serta mengunjungi Training Center PSSI, Kawasan Rumah Dinas Menteri (RTJM), dan Istana Presiden dalam kunjungannya.(BY)