Pj Wali Kota Padang Sidak Pasar Jelang Idul Adha untuk Cegah Inflasi -->

Iklan Atas

Pj Wali Kota Padang Sidak Pasar Jelang Idul Adha untuk Cegah Inflasi

Jumat, 14 Juni 2024

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar meninjau ketersediaan pangan di pasar.


Padang - Andree Harmadi Algamar, Penjabat Wali Kota Padang, melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Alai dan Tanah Kongsi pada Kamis (13/6/2024) siang, dalam upaya mengendalikan inflasi dan memastikan ketersediaan stok pangan menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.


Inspeksi ini dilakukan setelah rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang beberapa waktu lalu. Andree Harmadi didampingi oleh Alfianto, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang, mengkonfirmasi bahwa stok pangan di Kota Padang aman dengan harga yang terkendali, meskipun harga cabai merah dan bawang merah masih tinggi karena bukan merupakan daerah produksi lokal.


Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Kota Padang akan terus berkolaborasi dengan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Sumbar, sebagai upaya memotong rantai pasok pangan dan menjaga harga tetap stabil. Langkah-langkah strategis akan dirumuskan untuk mengendalikan stok pangan, terkait dengan berakhirnya masa tanggap darurat bencana di beberapa daerah Sumatera Barat sebulan lalu.


Alfianto dari BPS Kota Padang mencatat bahwa inflasi di Kota Padang pada bulan Mei mencapai 0,7 persen secara month-to-month (m-to-m). Dia juga menyarankan Kota Padang untuk meningkatkan komunikasi dengan daerah penghasil komoditi penyumbang inflasi. (des)