Potensi Pertandingan, Negara-negara yang Berpeluang Jadi Lawan Indonesia di Piala Dunia 2026 -->

Iklan Atas

Potensi Pertandingan, Negara-negara yang Berpeluang Jadi Lawan Indonesia di Piala Dunia 2026

Kamis, 20 Juni 2024

Berikut 5 negara terlemah yang bisa dihadapi Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 


Fajarsumbar.id - Sebanyak lima negara yang dianggap paling lemah dan dapat dihadapi oleh Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dibahas. Timnas Indonesia sedang menunggu hasil drawing yang akan berlangsung pada Kamis, 27 Juni 2024.


Dalam drawing tersebut, Timnas Indonesia akan berada di pot 6 bersama Korea Utara dan Kuwait. Karena berada di pot yang sama, Indonesia tidak akan bertemu dengan dua negara tersebut dalam satu grup.


Menurut regulasi, tim asuhan Shin Tae-yong akan berhadapan dengan tim dari pot 1, 2, 3, 4, dan 5. Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan menggunakan format grup, yang dibagi menjadi tiga grup.


Masing-masing grup akan terdiri dari enam negara. Dua tim teratas di setiap grup (enam negara) akan lolos ke Piala Dunia 2026. Tim yang berada di posisi ketiga dan keempat akan melanjutkan perjuangan mereka di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.


Di babak ketiga ini, setiap tim akan menjalani 10 pertandingan, dengan lima pertandingan kandang dan lima tandang. Jadi, siapa yang mungkin menjadi lawan Timnas Indonesia di babak ketiga?


Berikut adalah lima negara terlemah dari masing-masing pot yang bisa menjadi lawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:


Kirgistan (Peringkat 100 Dunia)

Kirgistan berada di pot 5 bersama Palestina (95) dan China. Secara teori, Kirgistan lebih mudah dihadapi oleh Timnas Indonesia dibandingkan Palestina dan China. Kirgistan juga gagal memenangkan dua pertandingan melawan Malaysia di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.


Bahrain (Peringkat 81 Dunia)

Bahrain berada di pot 4 bersama Uni Emirat Arab (69) dan Oman (76). Timnas Indonesia pernah mengalahkan Bahrain 2-1 di Piala Asia 2007, memberikan kenangan manis bagi skuad Garuda.


Yordania (Peringkat 68 Dunia)

Pot 3 mulai diisi oleh tim-tim kuat Asia seperti Arab Saudi (56), Uzbekistan (62), dan Yordania. Secara realistis, Indonesia memiliki peluang lebih besar untuk menang melawan Yordania, meskipun mereka adalah runner-up Piala Asia 2023.


Irak (Peringkat 55 Dunia)

Menarik jika Indonesia kembali bertemu Irak. Sebelumnya, kedua negara telah bertemu di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Irak selalu menang. Irak berada di pot 2 bersama Qatar (35) dan Australia (23), semua tim kuat di Asia.


Korea Selatan (Peringkat 22 Dunia)

Pot 1 berisikan Korea Selatan (22), Iran (20), dan Jepang (17). Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, secara khusus ingin menghadapi Korea Selatan karena ia sangat mengenal tim tersebut. Ia pernah menggagalkan Korea Selatan U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah Indonesia U-23 mengalahkan mereka di perempatfinal Piala Asia U-23 2024.


Shin Tae-yong berkata, “Menurut saya, Korea Selatan adalah lawan yang paling mudah karena saya sangat mengenal mereka. Semua pemain utama mereka adalah murid saya, jadi saya sangat mengenal mereka,” dikutip dari Wikitree.(BY)