Prabowo Laporkan Upaya Mediasi Perdamaian Ukraina-Rusia ke Jokowi -->

Iklan Atas

Prabowo Laporkan Upaya Mediasi Perdamaian Ukraina-Rusia ke Jokowi

Jumat, 07 Juni 2024

Prabowo lapor ke Jokowi soal Presiden Volodymyr Zelensky (kanan) tolak proposal damai RI untuk setop perang Rusia dan Ukraina.


Jakarta - Prabowo Subianto, yang juga Presiden terpilih Republik Indonesia, melaporkan hasil kunjungan internasionalnya selama seminggu terakhir kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Kamis (6/6).


Salah satu yang dilaporkan Prabowo adalah bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky masih belum menyetujui proposal Indonesia terkait solusi bagi konflik Ukraina-Rusia.


"Saya terus berupaya meyakinkan Presiden Zelensky, menawarkan bantuan Indonesia untuk mendorong tercapainya gencatan senjata," ujar Prabowo.


Prabowo menjelaskan bahwa usulan tersebut telah disampaikannya saat bertemu Zelensky di acara The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura beberapa waktu lalu.


"Beliau [Zelensky] belum sepenuhnya setuju dengan usulan kami. Namun, kami akan terus berusaha," tambahnya.


Prabowo juga melaporkan kepada Jokowi tentang rencana evakuasi seribu korban di Gaza yang menjadi korban agresi Israel.


Jokowi, kata Prabowo, sangat mendukung upaya Indonesia untuk membantu meringankan penderitaan warga Palestina di Gaza.


Prabowo menyebut bahwa Indonesia sedang mempersiapkan pengiriman tim medis untuk mengelola rumah sakit lapangan dengan persetujuan dari semua pihak.


"Kami berkolaborasi dengan beberapa negara mitra, terutama negara-negara Timur Tengah yang sudah mengoperasikan rumah sakit di sana, seperti Uni Emirat Arab," jelasnya.(des)