Presiden Jokowi Bahas Diskriminasi Sawit dengan Menteri Iklim Norwegia -->

Iklan Atas

Presiden Jokowi Bahas Diskriminasi Sawit dengan Menteri Iklim Norwegia

Minggu, 02 Juni 2024

Jokowi dan Menteri Norwegia Diskusikan Kebijakan Sawit dan Aksi Iklim


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia, Andreas Bjelland Eriksen, di Istana Merdeka. Dalam pertemuan tersebut, Eriksen didampingi oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.


Setelah pertemuan tertutup tersebut, Siti Nurbaya menjelaskan bahwa Presiden Jokowi meminta kepada Pemerintah Norwegia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) agar tidak ada diskriminasi terhadap sawit.


“Bapak Presiden tadi juga meminta kepada Norwegia untuk memberikan pemahaman dan persepsi yang tepat agar tidak terjadi diskriminasi terkait sawit,” kata Siti Nurbaya dalam konferensi pers pada Minggu (2/6/2024).


Siti menyatakan bahwa masalah tersebut sudah ditangani dengan baik. Selain itu, Indonesia juga sedang mengkritik kebijakan (EU Deforestation-Free Regulation) yang dianggap diskriminatif terhadap sawit.


“Indonesia juga mengkritisi metode inventarisasi lahan yang digunakan, dan ini sedang terus kami kerjakan,” tambahnya.


Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas mengenai Memorandum of Understanding (MOU) antara pemerintah Indonesia dan Norwegia terkait Indonesia Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net-Sink 2030.


“Sudah ada dukungan konkret atau kontribusi sebagai prestasi aksi iklim Indonesia sebesar 156 juta USD, yang setara dengan karbon sebesar 30,2 juta ton,” jelas Siti.(BY)