Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Simpang Lima Semarang -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Simpang Lima Semarang

Senin, 17 Juni 2024

Presiden Jokowi dikerumuni warga usai Salat Idul Adha di Simpang Lima Semarang, Senin (17/6/2024).


Semarang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan Salat Idul Adha di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (17/6/2024). Kehadiran beliau bersama Ibu Negara Iriana Jokowi disambut antusias oleh warga yang berusaha untuk berswafoto.


Berdasarkan pantauan iNews, setelah Salat Id dan khutbah selesai, warga berbondong-bondong mendekati tempat saf Jokowi. Mereka secara bergantian bersalaman dengan Jokowi yang dikawal oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).


Seorang perempuan sempat berteriak ingin berfoto bersama Jokowi sebagai bagian dari tugas akhirnya. Perempuan tersebut kemudian diketahui bernama Fadilah Nur Said (21), seorang mahasiswi UIN Walisongo Semarang.


“Saya bilang, lagi tugas akhir, sebagai syarat lulus foto bareng Pak Jokowi. Tadi ada Paspampres yang dengar ya, terus nyariin ‘mana tadi yang buat tugas akhir’, kemudian disuruh mendekat,” ujar mahasiswi asal Bogor itu dengan wajah penuh kegembiraan.


Fadilah tidak sendirian, dia juga mengajak temannya. Mereka kemudian berswafoto bertiga dengan Jokowi. Dia mengaku awalnya tidak merencanakan Salat Id di Lapangan Simpang Lima Semarang, namun setelah mengetahui bahwa Presiden Jokowi akan hadir, dia langsung menuju lapangan tersebut.


“Awalnya mau ke MAJT, tapi ada info Presiden ke sini, langsung kita di sini dari pukul 05.00 (WIB),” katanya.


Salat Idul Adha di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, diselenggarakan oleh takmir Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Salat dilakukan di lapangan agar dapat menampung banyak jemaah.


Presiden Jokowi juga menyerahkan sapi jenis Limosin seberat 1,25 ton sebagai hewan kurban kepada takmir setempat. Bertindak sebagai imam salat pagi tersebut adalah KH Zainuri Ahmad, sedangkan khutbah disampaikan oleh Ketua KPU Hasyim Asyari. (des)