Progres IKN Capai 82%, Pembangunan Tower ASN Target Selesai Juli -->

Iklan Atas

Progres IKN Capai 82%, Pembangunan Tower ASN Target Selesai Juli

Sabtu, 29 Juni 2024

Basuki saat ditemui di UGM, Jumat (28/6/2024)



Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengumumkan bahwa pembangunan ibu kota baru Indonesia (IKN) telah mencapai 82 persen. Salah satu proyek utama dalam pembangunan tersebut adalah pembangunan tower untuk rumah ASN, yang direncanakan selesai pada bulan Juli. Basuki menyatakan hal ini saat berbicara di Universitas Gadjah Mada pada Jumat (28/6/2024).


Basuki juga menjelaskan bahwa pembangunan IKN melibatkan pembangunan Istana Negara, kantor presiden, kantor-kantor kementerian, rumah jabatan menteri, dan 12 tower rumah ASN. "Rencananya, rumah ASN ini akan selesai pada bulan Juli. Rata-rata sudah mencapai 82 persen," katanya.


Dia menambahkan bahwa rencana pemindahan presiden dan menteri-menteri diperkirakan akan dilakukan setelah bulan Agustus 2024. "Kami akan melakukan pemindahan secara bertahap sesuai dengan kesiapan infrastruktur," tambahnya.


Pembangunan IKN terus dipercepat, dengan persiapan untuk kantor presiden yang diharapkan dapat ditempati oleh Presiden Jokowi pada bulan Juli 2024. Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, mengkonfirmasi hal ini saat mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian rehabilitasi sarana pendidikan di Kalimantan Tengah pada Kamis (27/6/2024).


Menteri Basuki juga memastikan bahwa ia akan mulai berkantor di IKN dan tinggal di Rumah Jabatan Menteri mulai bulan Juli ini. Proyek fisik untuk Kawasan Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), yang mencakup Kantor Presiden, Istana Negara, dan Lapangan Upacara, terus dipercepat untuk memenuhi target fungsional yang ditetapkan.(des)