Ribuan Jemaah Internasional Terima Undangan Haji dari Raja Salman -->

Iklan Atas

Ribuan Jemaah Internasional Terima Undangan Haji dari Raja Salman

Sabtu, 15 Juni 2024

Pemondokan jemaah haji undangan di Arafah 



Makkah - Ribuan jemaah dari 140 negara menerima undangan haji dari Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud. Mereka dipilih dan ditunjuk oleh Kedutaan Besar Arab Saudi.


Di Arafah, Makkah, para jemaah undangan menikmati fasilitas istimewa. Pada Jumat (14/6/2024), sekitar 50 jemaah Indonesia tiba di Arafah pukul 18.00 waktu Arab Saudi menggunakan bus yang bertuliskan 'Tamu Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud'. Mereka disambut dengan penghormatan di depan maktab.


Setiap maktab dilengkapi dengan tenda eksklusif yang dilengkapi sofa empuk. Tiap tenda dilengkapi dengan enam AC standing dan mesin pendingin air putih.


Jumlah jemaah dalam tiap tenda berkisar antara 130-150 orang, dengan tenda gabungan antara jemaah Indonesia, Thailand, Suriah, Tunisia, Mesir, Lebanon, Irak, Yordania, Aljazair, Sudan, dan Maroko.


Sementara itu, tenda khusus untuk jemaah perempuan menampung 138 orang dari berbagai negara seperti Sudan, Malaysia, dan Lebanon.


Jemaah undangan menikmati makan prasmanan tiga kali sehari dengan menu lengkap seperti roti, nasi biryani, daging, buah-buahan, jus, es krim, roti, dan dilengkapi dengan mesin pembuat kopi yang selalu tersedia.


Fasilitas toilet dilengkapi dengan wastafel dan tempat wudu yang bersih, serta pelayanan medis 24 jam.


Salah satu jemaah, Asri Mayang Sari (37), merasa sangat bersyukur mendapatkan kesempatan haji tanpa kuota dari pemerintah Indonesia. "Insya Allah ini haji pertama, saya merasa sangat beruntung dan senang yang tak terkira," ujarnya.


Rombongan jemaah undangan Haji Raja Salman akan melanjutkan ibadah di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) pada 9 Zulhijah atau Sabtu, 15 Juni 2024. Mereka kemudian akan kembali ke hotel di Makkah, Arab Saudi pada 18 Juni 2024. (des)