Target Kementerian Perhubungan, Nusantara Airport Siap Sebelum Upacara Kemerdekaan 2024 -->

Iklan Atas

Target Kementerian Perhubungan, Nusantara Airport Siap Sebelum Upacara Kemerdekaan 2024

Senin, 17 Juni 2024

Nusantara Airport Ditargetkan Rampung Akhir Juli 2024.


Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan penyelesaian pembangunan Nusantara Airport sebelum akhir Juli 2024, sebagai bagian dari persiapan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa dengan selesainya Nusantara Airport, seluruh tamu undangan VIP dan tamu negara yang hadir untuk upacara dapat mendarat di bandara ini.


"Ini akan memudahkan para tamu negara dan VIP untuk menghadiri upacara HUT RI di IKN," kata Menhub saat berkunjung ke objek wisata Saloka Theme Park, di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.


Perayaan HUT Kemerdekaan RI dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden, namun Presiden Jokowi telah menugaskan Kementerian Perhubungan untuk mengurus persiapan Bandara IKN yang kini dinamai Nusantara Airport.


Menhub menargetkan pengerjaan Nusantara Airport, yang saat ini sudah mencapai 50%, akan selesai dan siap untuk uji coba sebelum akhir Juli 2024.


Proses pembangunan Nusantara Airport menghadapi sejumlah tantangan, termasuk kondisi cuaca yang ekstrem, sehingga diperlukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk menyesuaikan kondisi.


Nusantara Airport memiliki terminal seluas 7.350 meter persegi dan area bandara seluas 347 hektare.


Desain terminal bandara ini menggabungkan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan dirancang untuk ramah lingkungan.


Runway di bandara IKN memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, memungkinkan pesawat besar seperti Boeing 777-300ER dan Airbus A380 untuk mendarat di bandara ini.(BY)