Tingkatkan Keandalan Listrik Jelang Idul Adha, PLN Padang Giatkan Pembersihan Jaringan -->

Iklan Atas

Tingkatkan Keandalan Listrik Jelang Idul Adha, PLN Padang Giatkan Pembersihan Jaringan

Rabu, 12 Juni 2024

 

.

Padang, fajarsumbar.com  – Tingkatkan keandalan listrik jelang perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada pekan depan, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang gencarkan pembersihan dahan dan ranting pohon serta benda-benda asing dekat jaringan listrik PLN. 


Kegiatan pembersihan jaringan dimaksudkan untuk mengamankan  ROW atau Right of Way, yaitu jarak aman dari  jaringan listrik. Regu ROW meliputi tim pelayanan teknik (Yantek) bersama  tim PLN yang berkolaborasi serentak melakukan  inspeksi sekaligus eksekusi pembersihan jaringan.


Terakhir, pekerjaan ROW dilakukan di sepanjang jalan Raya Padang-Painan, Kelurahan Bungus Barat Kecamatan Bungus Teluk Kabung, sekitar Pantai Nirwana Kota Padang, Selasa (11/06).


Selain Petugas Yantek dan pegawai, ROW dilaksanakan berkolaborasi dengan PLN DLH Kota Padang, perwakilan Kementrian PUPR, Satpol PP Kota Padang, serta Camat Bungus Teluk Kabung dan Lurah Bungus Barat. Warga setempat juga turun langsung bergotong royong memangkasi pohon-pohon milik mereka.


Disampaikan Wilsriza, Manager PLN UP3 Padang, selain sebagai pekerjaan rutin PLN demi menjaga keandalan listrik, kegiatan ROW yang baru saja berlangsung ini juga menjadi bentuk nyata kolaborasi PLN dengan stakeholder terkait. 


‘’Kami sangat berterima kasih atas kontribusi serta kolaborasi dari berbagai stakeholder pada pekerjaan ROW di di jalan Raya Padang-Painan kemaren. Ini menunjukkan kesepahaman kita tentang pentingnya menjaga jaringan listrik dari gangguan pohon tumbang dan benda-benda lain yang berjarak terlalu dekat dari jaringan listrik,’’ sampai Wilsriza.


Wilsriza tak lupa sampaikan terima kasih atas inisiatif forkopimda setempat yang mengedukasi warga untuk merelakan pohon miliknya ditebang demi listrik yang tetap menyala dan demi keamanan dan keselamatan bersama.


Jarak aman ranting dan batang pohon dari jaringan PLN adalah kurang lebih 3 meter. Selain ranting dan dahan pohon, hewan yang memanjat jaringan dan umbul-umbul yang menyentuh jaringan juga dapat menjadi penyebab gangguan aliran listrik.


‘’Maka kerjasama dari masyarakat dan seluruh stakeholder untuk menjaga jaringan listrik dari ranting dan batang pohon maupun benda apapun tentu sangat kami perlukan dan kami apresiasi,’’ lanjut Wilsriza.


Jelang Idul Adha, sampai Wilsriza, PLN akan giatkan pekerjaan ROW di unit-unit layanan pelanggan PLN agar pasokan listrik dapat dipastikan andal selama kegiatan kurban. Karena tidak ada risiko gangguan dari benda-benda yang mengganggu jaringan listrik. 


Lebih lanjut Wilsriza berharap masyarakat dapat menjadi mitra PLN dalam menjaga jaringan listrik dari benda-benda yang mengganggu. Jika menemukan hal-hal yang bisa menjadi potensi penyebab gangguan listrik atau bahaya kelistrikan lainnya dan harus ditindak oleh petugas PLN, masyarakat bisa berpartisipasi dengan melaporkan ke PLN melalui aplikasi PLN Mobile. 


‘’Gangguan listrik yang disebabkan oleh pohon maupun hewan seringkali tidak dapat diprediksi waktunya, sehingga membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menelusuri sepanjang jaringan yang terganggu. Partisipasi masyarakat adalah inisiatif positif yang akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Partisipasi masyarakat ini dapat mencegah gangguan, mempercepat pemulihan, hingga membuat listrik tetap menyala. Jadi silahkan laporkan melalui PLN Mobile,” ucap Wilsriza.


Di tempat terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, PLN secara rutin melakukan pekerjaan ROW jelang Idul Adha demi memastikan keandalan aset milik PLN, sehingga pasokan listrik dapat terdistribusikan dengan baik ke rumah-rumah pelanggan. 


‘’Kami akan hadirkan pasokan listrik yang andal dan aman pada Idul Adha. Semoga komitmen ini menambah kusyuk dan berkah selama perayaan kurban. Silahkan gunakan PLN Mobile untuk layanan kelistrikan, atau untuk membuat laporan dan informasi kelistrikan yang diperlukan,’’ sampai Eric kemudian.(*)