Tualang Siak, Riau Antarkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir Bandang Padang Panjang -->

Iklan Atas

Tualang Siak, Riau Antarkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir Bandang Padang Panjang

Selasa, 11 Juni 2024

 

Salah seorang warga terdampak banjir bandang menerima bantuan yang diantarkan perwakilan masyarakat Tualang, Siak, Riau.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Organisasi Masyarakat Tualang Peduli (MTP), Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau antarkan bantuan untuk korban banjir lahar dingin Padang Panjang, Selasa (11/6).


Bantuan berupa uang tunai dan pakaian tersebut, diserahkan perwakilan MTP, Herri Yunipur, M.Pd kepada masyarakat terdampak didampingi Sekretaris BPBD Kesbangpol Padang Panjang, Suryati, A.Md di halaman BPBD Kesbangpol.


Herri Yunipur menyebutkan, bantuan  diperoleh setelah tiga minggu lalu pihaknya melakukan penggalangan dana untuk tiga daerah terdampak banjir lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar, Agam dan Kota Padang Panjang.


“Ini adalah suatu bentuk kepedulian kami kepada masyarakat Sumbar dan Padang Panjang khususnya yang tengah ditimpa musibah banjir lahar dingin beberapa waktu lalu,” kata Kepala SMA N 1 di Palang Perawang, Kabupaten Siak tersebut.                           


Herri mengungkapkan, MTP ini secara spontan berdiri di waktu terjadinya bencana gempa di Pasaman. Ini kegiatan kemanusian yang ke tujuh dilakukan setelah Pasaman, Aceh, Maninjau, Pesisir, Tanah Datar, Agam dan Padang Panjang.


“Tualang adalah suatu daerah industri di Kabupaten Siak yang didiami berbagai suku. Atas dorongan pemerintah beserta adat Melayu, kalau ada bencana kita terpanggil untuk melakukan bantuan kemanusiaan,” jelasnya.

                                  

Bantuan ini merupakan hasil koordinasi dengan yang terdampak bencana khususnya di Padang Panjang. 


Pihaknya mendapatkan data ada 16 KK yang terdampak dengan rincian 9 KK di Kelurahan Pasar Usang dan 7 KK dari Silaing Bawah.


“Dari data itu, kita beri bantuan uang tunai Rp650 ribu per KK. Kita juga membawa titipan dari masyarakat Taliwang berupa pakaian siap pakai kalau seandainya dibutuhkan masyarakat,” tambahnya.


Herri berharap dengan adanya bantuan ini mudah-mudahan dapat meringankan beban para korban dan bisa bermanfaat bagi mereka.


Sementara itu, Suryati mengucapkan rasa terima kasih kepada MTP Siak yang telah menunjukan kepedulian dan empatinya terhadap masyarakat Padang Panjang yang ditimpa musibah.


“Semoga apa yang diberikan ini menjadi amal pahala di sisi Allah, dan juga bermanfaat untuk para korban yang tengah tertimpa musibah,” ujarnya. (syam)