Tugas Berat PPK Dan PPS Sudah Didepan Mata Tidak Ada Lagi Yang Berleha Leha Pesan Ketua KPU Solsel -->

Iklan Atas

Tugas Berat PPK Dan PPS Sudah Didepan Mata Tidak Ada Lagi Yang Berleha Leha Pesan Ketua KPU Solsel

Jumat, 07 Juni 2024

 

Ratusan anggota PPK dan PPS se Solsel lakukan Bimtek Pilkada 2024 di Hotel Axana Padang. (Abg

Padang, fajarsumbar.com - Sukses gelar pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan (Sumbar), gelar Bimbingan Teknis Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bupati Dan Wakil Bupati Solok Selatan Tahun 2024

Bimtek ini dihadiri oleh ketua dan Komisioner KPU Solok Selatan, Sekretaris KPU, anggota PPK dan PPS se Solok Selatan, intel Kodim Solok Solsel dan intel Polres Solok Selatan, Dinas Dukcapil Solok Selatan, Bawaslu Solok Selatan di Hotel Axana Padang, Jumat- Minggu (7-9/6/2024),  dibuka secara resmi oleh ketua KPU Provinsi Sumatera Barat.Yendrizal 

Ketua Panitia Abdul Rahman dalam laporannya menyampaikan sejumlah data peserta Bimtek
Bawaslu satu orang, Intelkam Polres Solok Selatan 2 orang, Intel Kodim 0309 Solok 2 orang, Disdukcapil Kabupaten Solok Selatan 2 orang, Kesbang Pol Kabupaten Solok Selatan 2 orang, Media 5 orang, PPK se-kabupaten Solok Selatan 35 orang PPS Kabupaten Solok Selatan 117 orang panitia 30 orang dengan, total sebanyak 179 orang. 

Ketua KPU Kabupaten Solok Selatan Ade Kurnia Zelly dalam sambutanya malam itu menyampaikan. Sekarang kita masuk dalam tahap yang menegangkan dan tidak bisa main. main lagi, masa pendataan data pemilih dalam pemutaran kerja kita itu dipertaruhkan.

Kurang lebih 6 bulan lagi tugas kita semua sudah  sampai pada puncaknya pemilihan kepala daerah pada tanggal  27 November 2024, sedikit waktu kita tidak bisa lagi bersantai-santai, untuk berleha-leha, yang saya sampaikan ketika pelantikan dulu yang Saya minta soliditas Bapak Ibu loyalitas itu sangat diperlukan. 

Komunikatif komunikasi yang efektif, tiga itu hal itu harus Bapak Ibu cerminkan dalam kegiatan di wilayah masing-masing, alau ada masalah di PPS itu harus diselesaikan dibawah dulu, setidaknya ditingkat kecamatan, jangan sampai duli ke kabupaten, azas penyelenggara pemilu ada tertibnya. 

KPU itu melayani, optimal pelayanan kita kepada masyarakat stakeholder, peserta pemilu

Setiap Devisi atau semua Komisionet harus mengerti dan memahami semua tahapan tahapan. pemilu itu, intinya pelaksanaan pemilu itu harus tertip dan cerita kita adalah tahapan dan kerja kita semakin keras, siapkan mental. dan segalanya konsekuensinya. 

Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Pejabat Penata Kelola Pemilu Ahli Madia Yendrizal dalam arahannya mengatakan, kami dari KPU Provinsi Sumatera Barat mengucapkan selamat. kepada para anggota PPK dan PPS yang sudah diterima sebagai pelaksana dan penyelenggara Pemilu yang berasal dari 39 Nagari di Kabupaten Solok Selatan. 

Pada saat ini sudah terpilih menjadi bagian dari penyelenggara pemilu di tingkat PPK dan di tingkat PPS, sebagaimana yang kita ketahui PPK dan PPS ini merupakan ujung tombak dalam pemilihan baik itu Pemilu maupun pemilihan  kepala daerah (Pilkada) untuk tahun 2024 dan mesti melaksanakan tugas dan kewenang dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku. 

Kami percaya yang hadir dan yang terpilih mengikuti iptek pada hari ini dan telah ditetapkan sebagai anggota PPK maupun PPS adalah merupakan orang-orang yang terbaik di Kabupaten Solok Selatan, yang memiliki kompetensi kapasitas integritas dan kemandirian sebagai penyelenggara. 

Sebenarnya tugas dari PPK dan PPS itu sangat banyak sekali dalam melaksanakan tugas kewenangan mungkin pada kesempatan ini tidak semua yqng akan kami sampaikan, karena pada kesempatan berikutnya ada pemateri. 

Yang pertama tugas PPK pada saat ini yang sedang berjalan yaitu, untuk pemutakhiran data pemilih hanya untuk data pelayanan data Pemilu, kemarin sudah mulai di tanggal 31 Mei untuk besok akan berakhir sampai tanggal 23 September, dimulai nanti dari penetapan DPS sampai nanti dengan penetapan DPT.

Yang kedua, melaksanakan semua tahapan di dalam penyelenggaraan pemilihan kereta ini di tingkat kecamatan untuk PPK maupun di tingkat Nagari, untuk PPS maupun melaksanakan tahapan yang ditetapkan oleh KPU provinsi, maupun Kabupaten yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Kota. 

Selanjutnya tugas dari bapak ibu yaitu nanti menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten Kota, lakukan penghitungan suara bagi TPS nanti terhadap seluruh KPPS yang berada di wilayah, selanjutnya tugas Bapak Ibu juga nanti melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang berada di masing-masing wilayah bapak itu. 

Pesan Saya kepada anggota PPK dan PPS Jangan merasa sok tau, sekalipun ada incumben, pahami setiap regulasi yang berhubungan dengan pekerjaan kita.(Abg).