Universitas Negeri Padang dan Universiti Kebangsaan Malaysia Kerjasama Dalam Penelitian -->

Iklan Atas

Universitas Negeri Padang dan Universiti Kebangsaan Malaysia Kerjasama Dalam Penelitian

Jumat, 21 Juni 2024

 

.

Malaysia, fajarsumbar.com - Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) menerima kunjungan istimewa dari Tim Riset Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Padang UNP.

Kunjungan ini bertujuan untuk megimplementasikan jalinan kolaborasi penelitian yang diharapkan kedepannya dapat menghasilkan penelitian, publiksi dan inovasi dalam bidang pendidikan.

Tim peneliti UNP dipimpin oleh Prof. Ifdil, Ph.D., Kons., yang juga Dosen Bimbingan dan Konseling  Fakultas Ilmu Pendidikan dan anggota tim lainnya terdiri dari Nilma Zola, M.Pd., Rima Pratiwi Fadli, M.Pd., Soecilzzati Adlya, S.Pd., M.Pd., serta mahasiswa S3 Bimbingan dan Konseling M. Fahli Zatrahadi, mahasiswa S2 Annisaislami Khairati, dan mahasiswa S1 Nur Adila Wafiqoh Zulfi. Mereka diterima dengan hangat oleh Timbalan Dekan Fakulti Pendidikan UKM, Dr. Khairul Azhar Jamaludin dan Dosen-dosen Bimbingan dan Konseling Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia.

Acara dimulai dengan perkenalan profil kampus oleh Fakulti Pendidikan UKM, memberikan wawasan mendalam tentang sejarah, visi dan misi, serta fasilitas unggulan yang dimiliki. Selanjutnya, Prof. Ifdil memperkenalkan tim riset serta keahlian masing-masing dosen Bimbingan dan Konseling UNP, menyoroti kompetensi dan pengalaman mereka dalam bidang pendidikan dan penelitian dengan saling bertukar pikiran tentang pemulihan trauma melalui pendekatan yang dikuasai masing-masing dosen baik dari UNP dan juga UKM.

Prof. Ifdil kemudian menjelaskan tentang Ifdil Perceptual Light Technique (IPLT), sebuah metode inovatif untuk penanganan trauma spesifik yang menjadi fokus penelitian tim UNP yang menggandeng Associate Professor  Dr Yazid Abu Bakar sebagai mitra luar negeri dalam skema Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi Luar Negeri dari FP UKM, Metode IPLT ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam bidang bimbingan dan konseling, serta membuka jalan bagi penelitian-penelitian lanjutan.

Tidak hanya berhenti pada penelitian, Prof. Ifdil juga menekankan pentingnya kolaborasi jangka panjang antara UNP dan UKM. “Kunjungan ini tidak hanya untuk penelitian, tetapi juga untuk membangun kemitraan yang erat di masa depan. Kami berharap kolaborasi ini dapat membawa manfaat besar bagi kedua institusi,” ujar Prof. Ifdil.

Sambutan hangat diberikan oleh Dr. Khairul Azhar Jamaludin selaku Timbalan Dekan, yang menyatakan antusiasmenya terhadap rencana kerjasama ini. “Kami sangat senang dengan kedatangan tim dari UNP dan sangat terbuka untuk berbagai bentuk kerjasama di masa depan. Kami yakin, bersama-sama kita dapat menciptakan banyak hal positif dan inovatif dalam bidang pendidikan,” kata Dr. Khairul.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama, menandai momen bersejarah ini dengan penuh keakraban. Pertukaran cindera mata antara kedua belah pihak menjadi simbol persahabatan dan komitmen untuk terus menjalin kerjasama yang produktif.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan hubungan antara Universitas Negeri Padang dan Universiti Kebangsaan Malaysia semakin kuat dan dapat menghasilkan penelitian-penelitian inovatif yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di kedua negara. Kolaborasi ini juga diharapkan dapat membuka peluang baru bagi para peneliti dan mahasiswa dari kedua institusi untuk belajar dan berkembang bersama. (*)